Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Di hari pertama HUAWEI CONNECT 2023, ajang tahunan dan unggulan Huawei di industri TIK global, Huawei, bersama asosiasi industri, pakar, klien, dan mitra, meluncurkan "Huawei Pangu Government Model Joint Innovation Program" dalam "2023 Digital Economy Summit & Smart City Forum". Dengan target meningkatkan layanan publik dan mempercepat transformasi digital berbagai kota, peserta program tersebut sepakat berkolaborasi dan mengeksplorasi pemanfaatan foundation model (model kecerdasan buatan yang telah dilatih dalam jumlah banyak). Pemanfaatan foundation model ini akan membantu berbagai jenis aplikasi kota pintar (smart city), seperti layanan pemerintah pintar (intelligent government service), digitalisasi kantor pemerintah, tata kelola kota pintar. Selain itu, foundation model dapat mendorong pemerintah digital, ekonomi digital, dan proyek masyarakat digital yang dijalankan pemerintah di setiap jenjang di Tiongkok. Ratusan pejabat eksekutif berbagai kota di seluruh Tiongkok turut menghadiri konferensi ini. 

Lewat paparan berjudul "Accelerate Intelligence", David Wang, Executive Director of the Board, Huawei, Chairman, ICT Infrastructure Managing Board, serta President, Enterprise BG, meluncurkan "Pangu Government Model" dan beberapa solusi industry intelligence lain. Salah satu target "Pangu Government Model" adalah membangun infrastruktur komputasi kecerdasan buatan dari sebuah kota guna mendukung kota pintar, mempercepat pertumbuhan ekonomi digital, serta meningkatkan efisiensi layanan pemerintah.

Saat ini, foundation model semakin menjadi tren dominan di AI sekaligus mempercepat tingkat penggunaan AI di berbagai industri. Menurut laporan McKinsey Global Institute, AI, sebagai general-purpose technology (GPT) yang baru, diproyeksikan mampu meningkatkan PDB dunia sekitar 1,2% per tahun, jauh melampaui kontribusi GPT lain terhadap ekonomi dunia. Hal ini menjadi alasan utama di balik status AI sebagai fokus utama dalam persaingan teknologi antara berbagai bangsa di dunia, bahkan banyak negara telah memasukkan AI sebagai salah satu unsur strategi nasional.

Upaya menghubungkan pemerintah, pelaku usaha, dan warga, serta layanan pemerintah menjadi ujian bagi aplikasi dan inovasi yang tercapai berkat foundation model. Maka, "Huawei Pangu Government Model Joint Innovation Program", dipimpin oleh Huawei Government Public Services Digitalization BU, melibatkan banyak klien dan mitra. Program ini akan memprioritaskan aplikasi foundation model guna meningkatkan layanan publik, mengembangkan tata kelola kota pintar dan digitalisasi kantor pemerintah, serta berkontribusi merealisasikan "Digital China".

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023