Acara ini akan memberikan peluang tak terbatas dan wawasan berharga bagi generasi muda dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif
Depok (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan Engineering Entrepreneurship, Career, and Internship Fair (ECIF) 2023 yang mempertemukan mahasiswa dan alumni dengan 30 perusahaan ternama.

Dekan FTUI Prof. Heri Hermansyah, di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Selasa, menyampaikan bahwa ECIF 2023 adalah bagian dari komitmen FTUI untuk mendukung kesuksesan karier para mahasiswa dan pencari kerja.

"Dengan melibatkan 30 perusahaan dan institusi terkemuka, kami membuka pintu menuju kesempatan yang luar biasa bagi para mahasiswa dan alumni FTUI. Acara ini akan memberikan peluang tak terbatas dan wawasan berharga bagi generasi muda dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif,” ujar Heri.

ECIF dilaksanakan di Taman Rotunda FTUI pada 26-27 September 2023. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Career Development Center (CDC) FTUI dan kali ini melibatkan 30 perusahaan dan institusi ternama.

ECIF 2023 akan menyajikan rangkaian kegiatan menarik seperti pameran, walk-in interview, workshop, dan seminar yang akan diadakan oleh perusahaan dan institusi dari dalam dan luar negeri. Bahkan, selain mahasiswa dan alumni FTUI, acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin mencari peluang karier atau program magang yang menarik.

Selain di Taman Rotunda FTUI, kegiatan job, internship, dan scholarship fair FTUI juga dilaksanakan secara online melalui laman ecif.eng.ui.ac.id. Melalui laman tersebut dapat diakses sejak 18 September 2023 hingga 18 Oktober 2023.

Para peserta dapat melakukan registrasi dengan mengisi data diri, alamat email, dan password. Peserta akan memperoleh berbagai lowongan pekerjaan serta informasi terkait karier dari setiap perusahaan yang berpartisipasi dalam website ecif.eng.ui.ac.id. Baik secara offline maupun online, mahasiswa dan pencari kerja akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perusahaan-perusahaan ternama.

Selain itu, ECIF 2023 juga akan melibatkan berbagai universitas dan institusi, seperti Campus France, Australia Awards in Indonesia, AMINEF, National Taiwan University, National Cheng Kung University, National Tsing Hua University, National Taipei University of Technology: Taipei Tech, National Yang Ming Chiao Tung University, dan Chang Gung University, yang akan membantu memperluas jangkauan peluang beasiswa dan kesempatan studi lebih lanjut bagi peserta.

Menariknya, acara ini juga memiliki kolaborator dan university partner dari perusahaan dan institusi, seperti Vanaya, Prasmul Eli, Sertifikasiku, Ekskursi Arsitektur UI, IT PLN, Universitas Pertamina, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Al Azhar Indonesia, dan UPN Veteran Jakarta yang akan memberikan wawasan tambahan tentang dunia karier dan pengembangan diri.

Selain melalui platform online, para mahasiswa, alumni, dan masyarakat umum juga diundang untuk menghadiri acara offline yang akan menampilkan pameran dari perusahaan dan partisipan.


Baca juga: Kemnaker tingkatkan kapasitas pengelola layanan Karirhub-Job Virtual
Baca juga: Pameran bursa kerja Jakarta Selatan tahap III buka 1.851 lowongan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023