Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Imron Amin mengatakan pihaknya akan menggelar MKD Awards sebagai ajang pemberian apresiasi penghargaan kepada sejumlah anggota DPR RI berkinerja baik pada Rabu (27/9).

"MKD akan melaksanakan pemberian apresiasi kepada anggota DPR RI yaitu MKD Awards. Insy Allah besok akan diagendakan pagi hari sekitar jam 9 sampai jam 10 pagi," kata Imron di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Dia menyebut acara tersebut digelar dengan tujuan untuk memberikan apresiasi kepada anggota DPR RI yang menjadi pejuang kode etik serta menjalankan tugasnya dengan baik sebagaimana muruah fungsi DPR RI didirikan.

"Tujuan memberi apresiasi kepada anggota DPR RI di mana kami akan menyampaikan kepada masyarakat bahwasanya kami menjalankan kode etik dan menjalankan fungsi dan tugas 'kontroling' sebagaimana mestinya. Kami memberi apresiasi kepada para pejuang kode etik itu sendiri," tuturnya.

Penghargaan tersebut, lanjut dia, akan diberikan kepada satu orang anggota DPR RI dari tiap-tiap fraksi yang ada di parlemen.

Baca juga: Penghargaan MKD Awards 2022 sebagai penilaian etis para anggota DPR

"Kami akan ngambil satu orang per fraksi karena memang kami menilai baik dari absensi, dan terutama bagaimana anggota itu menjalankan fungsinya sebagai legislatif," ucapnya.

Dia menyebut pihaknya akan memberikan penghargaan tersebut berdasarkan kinerja anggota DPR RI dari sisi kehadiran, keaktifan, hingga bagaimana legislator tersebut menjaga kode etik anggota dewan.

"Tolak ukur adalah yaitu kerajinan, yang dimaksud rajin itu absensi kami lihat juga sebagaimana dia menjalankan fungsinya baik di komisi dan terutama menjaga kode etik itu sendiri. Kalau memang kami menilai secara keaktifan dan bagaimana dia menjalankan tugas, tapi kalau ada aduan di kami (MKD) itu enggak jadi," katanya.

Imron menambahkan bahwa pihaknya turut mengundang perwakilan anggota DPRD dari berbagai wilayah Indonesia, termasuk Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD pada acara MKD Awards.

"Kami juga mengundang DPRD-DPRD seluruh Indonesia, semoga itu juga bisa hadir, karena apa? Karena kami mengadakan ini juga memberikan edukasi kepada anggota DPR RI, DPRD dan sampai kabupaten/kota, itu tujuannya. Karena apa? Agar bisa menjaga dan menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Ada kami (juga) mengundang Insya Allah Pak Mahfud MD dan yang lainnya semoga beliau bisa hadir," kata dia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023