Jambi (ANTARA) - Sebanyak 10 orang mahasiswa dari Universitas Jambi (Unja) mengikuti praktikum mengajar ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Wakil Rektor Unja Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Teja Kaswari dalam keterangan resmi yang diterima di Jambi, Selasa, mengatakan kesepuluh mahasiswa ini mengikuti program SEA Teacher Project atau biasa disebut dengan Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia.

Program ini memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman praktikum mengajar di sekolah-sekolah di negara-negara lain di Asia Tenggara.  

Selain memberangkatkan 10 orang mahasiswanya mengikuti praktik mengajar di Asia Tenggara, Unja juga menerima 10 mahasiswa SEA Teacher Project asal Filipina dan Thailan.

"Kami melepas 10 mahasiswa Unja ke 3 kampus di Filipina, yaitu Don Mariano Marcos Memorial State University, President Ramon Magsaysay State University, dan Mariano Marcos State University," katanya.

Sementara itu, untuk 10 mahasiswa yang datang dari Filipina dan Thailand ini ditempatkan di tiga sekolah yang ada di Kota Jambi. Pertama sekolah dasar di Telanai, Kota Jambi. Selain itu juga ditempatkan di SMA Negeri 1 Kota Jambi dan SMA Negeri 3 Kota Jambi.

Keberangkatan 10 orang mahasiswa Unja tersebut juga didampingi oleh tiga orang dosen pendamping untuk kedua negara yaitu Thailand dan Filipina.

Teja menegaskan bahwa program tersebut hasil kolaborasi antara universitas dan institusi di Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Tahun ini merupakan tahun ke-9 dari SEA Teacher Project. SEA Teacher Project merupakan pertukaran mahasiswa keguruan di Asia Tenggara yang diorganisir oleh Menteri Pendidikan Asia Tenggara dari sekretariat SEAMO.

Sementara itu, UPT Layanan Internasional (UPT-LI) Unja menerima dan sekaligus melepas mahasiswa SEA Teacher Project tahun 2023 sejak 18 September 2023.

Dalam pelepasan itu, Teja berpesan agar mahasiswa Unja fokus menunjukkan kinerja yang baik di sekolah penempatan dan menjaga nama baik perguruan tinggi.

Baca juga: Universitas Jambi lepas puluhan mahasiswa magang ke Jerman

Baca juga: Ratusan mahasiswa Unja ikut Program Inovasi Desa 2023

Baca juga: Mahasiswa FH Unja juara 1 Internasional Youth Conference Expedition

Pewarta: Tuyani
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023