Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama PT AIA FINANCIAL (AIA) dan Majalah Bobo berupaya menggencarkan kampanye program Sekolah Sehat melalui program AIA Healthiest Schools.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril menuturkan program ini menyediakan materi pembelajaran yang dapat diadaptasi guru dan sekolah sebagai upaya membangun kebiasaan hidup sehat.

“Kami selalu percaya, bahwa lingkungan sekolah yang bersih dan sehat adalah syarat utama yang harus dipenuhi agar anak-anak kita bisa benar-benar merdeka dalam belajar dan berkarya,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Kampanye Sekolah Sehat (KSS) merupakan bagian dari gerakan Merdeka Belajar yang berfokus pada 3S yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi sehingga diharapkan kualitas pembelajaran peserta didik meningkat.

CEO Kompas Grup Media Kompas Gramedia Andy Budiman menuturkan transformasi pendidikan saat ini harus membuat peserta didik mendapat hal-hal baik yang kelak berguna untuk menjalani kehidupan lebih baik bagi keluarga, masyarakat dan negara.

“Perhatian besar Kompas Gramedia melalui Majalah Bobo diharapkan dapat mendukung anak-anak Indonesia untuk tumbuh dan berkembang semakin optimal baik secara fisik dan mental, berdaya saing global, serta memiliki watak dan karakter yang baik,” katanya.

Baca juga: Kemendikbud: Program Indonesia Pintar 2023 sasar 17,92 juta siswa

Sementara itu, Direktur Hukum dan Kepatuhan AIA Rista Qatrini Manurung menjelaskan pihaknya berupaya mewujudkan pendidikan yang memiliki nilai setara dengan kesehatan sehingga lingkungan sekolah yang lebih baik harus terwujud.

“Kami berharap berbagai materi pembelajaran dapat diadaptasi oleh guru untuk membangun kebiasaan hidup sehat serta merencanakan perubahan baik untuk membuat lingkungan sekolah hidup sehat,” kata Rista.

Selain mengadakan program AIA Healthiest Schools, Kemendikbudristek bersama AIA dan Majalah Bobo turut menginisiasi kompetisi AIA Healthiest Schools Challenge yang mengajak siswa dan guru berkolaborasi dalam menciptakan program sekolah yang menarik dan positif.

Kompetisi yang akan berlangsung mulai September 2023 hingga Maret 2024 pun diapresiasi Iwan Syahril karena siswa bisa secara proaktif bekerja sama dengan guru untuk membuat sekolah mereka lebih sehat.

Baca juga: BSKAP Kemendikbudristek luncurkan buku "Bangkit Lebih Kuat"

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023