Haikou (ANTARA) - Sebuah kapal pesiar yang mengangkut lebih dari 1.800 penumpang berlabuh pada Senin (25/9) di pelabuhan kapal pesiar internasional di Sanya, sebuah kota resor di Provinsi Hainan, China selatan, menandai dibukanya kembali rute pelayaran internasional menuju dan dari Sanya secara penuh.

Rute pelayaran itu ditangguhkan selama tiga tahun delapan bulan akibat pandemi COVID-19, menurut otoritas bea cukai di Haikou, ibu kota Hainan.

Kapal pesiar yang berlabuh di pelabuhan Sanya pada Senin itu berlayar dari Hong Kong. Setelah dibukanya kembali rute pelayaran internasional, kapal pesiar akan melakukan perjalanan antara Hong Kong dan Sanya secara rutin.

Liu Chun, seorang pejabat bea cukai Sanya, mengatakan otoritasnya akan terus mengoptimalkan proses perizinan bea cukai guna memfasilitasi pemulihan ekonomi kapal pesiar dan mendorong pengembangan industri kapal pesiar yang berkualitas tinggi.

Sebelumnya pada bulan ini, Kementerian Transportasi China mengumumkan dibukanya kembali transportasi kapal pesiar internasional menuju dan dari pelabuhan-pelabuhan di negara tersebut secara penuh. Uji coba pembukaan kembali transportasi kapal pesiar internasional itu dimulai pada awal tahun ini di pelabuhan di Shanghai dan Shenzhen. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023