Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi perjuangan pewushu Indonesia Harris Horatius yang menyumbangkan emas ketiga Merah Putih dalam ajang Asian Games 2022 Hangzhou.

Harris Horatius mempersembahkan medali emas ketiga bagi Indonesia pada Asian Games 2022 Hangzhou setelah keluar sebagai yang terbaik pada nomor kombinasi nanquan dan nangun di Xiaoshan Guali Sports Centre, Selasa.

“Saya mengucapkan terima kasih buat PB WI di bawah kepemimpinan Bapak Airlangga Hartarto, khususnya buat Harris Horatius yang sukses menyumbangkan medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou. Ini kontribusi medali emas ketiga bagi Kontingen Indonesia selama Asian Games 2022 Hangzhou. "Kesuksesan Harris ini membantu kita di peringkat 6 besar dan masih sesuai target 10 besar yang diinginkan Presiden Jokowi," kata Menpora Dito dilansir dari keterangan resmi, Selasa.

Baca juga: Atlet wushu Harris Horatius raih emas ketiga Indonesia di Asian Games

Menteri termuda dalam kabinet tersebut mengucapkan terima kasihnya kepada CdM Indonesia Basuki Hadimuljono yang telah memberikan apresiasi para peraih medali emas Asian Games 2022 Hangzhou.

“Yang penting tadi pesan-pesan Pak Bas sangat bijaksana. Apalagi, Pak Bas tadi sudah menyampaikan mau memberikan hadiah apresiasi atas prestasi yang dicapai,” ujar Menpora Dito.

Baca juga: Harris lalui titik nadir yang berujung emas wushu Asian Games

CdM Indonesia Basuki Hadimuljono mengatakan agar Harris Horatius tidak cepat puas dengan hasil yang diraih dalam ajang kali ini karena masih mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan ke depannya dan akan ada turnamen-turnamen yang dilalui.

“Terima kasih mas Harris yang telah memberikan yang terbaik buat bangsa Indonesia dengan meraih emas di Asian Games 2022 Hangzhou. Pasti atas kerja keras latihan dan kekompakan dengan pelatih. Jangan berhenti berlatih masih muda sekali, Jangan lupa latihannya masih ada turnamen selanjutnya,” kata Basuki Hadimuljono.

Pada pertandingan tersebut Harris Horatius mendapatkan total poin 19.506 dengan poin men’s nanquan 9.756 dan poin men’s nangun 9.750. Atlet kelahiran 11 Oktober 1995 itu unggul dari atlet Macau Junhua Huang yang meraih total 19.463 poin.

“Ya, saya juga mengucapkan terimakasih kepada pak CdM dan juga pak Menpora Dito serta PB WI yang telah memberikan dukungan terhadap persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou,” kata Harris Horatius.

Baca juga: Edgar raih perak, ulangi pencapaian Asian Games 2018

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023