Jakarta (ANTARA) - Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia  mendesak Dinas Pendidikan DKI Jakarta membentuk tim investigasi untuk mengusut siswa jatuh dari lantai 4 di gedung sekolah di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Karena Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) sudah jelas mengamanatkan sekolah untuk membentuk tim pencegahan kekerasan," kata Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Ubaid menuturkan, Permendikbud Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP).

Dia menilai dari adanya peraturan itu,
​​​​​​hingga kini belum terlihat ada perubahan di level sekolah hingga pemerintahan untuk menghilangkan kasus perundungan (bullying) sehingga seakan tidak terjadi apa-apa.

"Permendikbud untuk pencegahan kekerasan di sekolah sudah ada peraturan. Kita tidak pernah mengalami kekosongan peraturan tentang pencegahan kekerasan di sekolah," katanya.

Karena itu, dia mendesak Pemerintah Provinsi DKI untuk membentuk satgas pencegahan kekerasan sebagai langkah cepat dalam menanggapi kasus perundungan.

Baca juga: Pemprov DKI jaga trauma usai ada siswa jatuh dari lantai 4
Baca juga: Ini penegasan DKI terkait siswa SD terjatuh dari lantai 4


Terlebih, menurut dia, sekolah terbilang lalai lantaran tidak ada antisipasi pencegahan seperti sistem pelaporan hingga pendampingan.
Diharapkan hal ini mampu meningkatkan kesadaran bagi pihak sekolah bukan menutupi suatu isu kekerasan.

"Kalau misal sejumlah pihak terbukti menutupi jelas ada 'bullying' berarti dia jelas menutupi, tidak cukup hanya ditegur tapi juga harus ada sanksi lebih keras," tegasnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus melakukan pemulihan trauma siswa maupun guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, usai adanya salah satu siswa terjatuh dari lantai 4 gedung sekolah itu hingga tewas.

"Kalau evaluasi kita justru mengarah ke 'next' (tahap selanjutnya)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Seorang siswa SDN 06 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, meninggal dunia diduga karena terjatuh dari lantai empat gedung sekolahnya, setelah sebelumnya sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Fatmawati pada Selasa (26/9).

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023