masih melakukan penyelidikan mengenai kasus tersebut
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya  menerima laporan polisi yang dibuat seorang food vlogger bernama William Andersen alias Codeblu terhadap Farida Nurhan yang juga memiliki pekerjaan serupa.

"Laporan polisi baru diterima di unit 1 Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, " kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi, Rabu.

Ade menjelaskan sementara ini pihaknya masih melakukan penyelidikan mengenai kasus tersebut.

"Saat ini sedang dilakukan serangkaian upaya penyelidikan, " ucapnya.

Laporan yang dilakukan oleh Codeblu tersebut sendiri telah teregister dengan nomor LP/B/5703/IX/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA pada 25 September 2023.

Dalam laporan tersebut pelapor melaporkan dugaan tindak pidana kejahatan informasi dan transaksi elektronik (ITE) UU nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE) pasal 27 ayat 3 juncto pasal 45 ayat 3 dan atau pasal 310 KUHP dan atau pasal 311 KUHP.

Sebagai informasi perseteruan antara food vlogger Farida Nurhan dengan Codeblu bermula saat Farida mengungkap identitas pribadi Codeblu di media sosial.

Berawal dari konten Codeblu yang mengulas (review) warung makan Nyak Kopsah. Di konten itu, Codeblu yang dikenal jujur dan terbuka saat menilai makanan, membuat kritikan tajam tentang makanan di warung Nyak Kopsah.

Video yang diunggah di TikTok sampai saat ini telah disaksikan lebih dari 31 juta kali penonton.

Merasa keberatan dengan unggahan Codeblu, Farida Nurhan kemudian mengunggah video tentang identitas Codeblu dan menertawakan.

Atas kejadian tersebut, Codeblu kemudian melaporkan Farida ke kantor polisi atas dugaan doxing atau tindakan  meneliti kemudian menyebarluaskan informasi pribadi kepada publik melalui media sosial.
Baca juga: Tawuran pelajar di Jakut bermotif cari eksistensi di media sosial
Baca juga: Polisi dalami motif pemasaran praktik aborsi dari media sosial
Baca juga: Polisi tangkap pencuri motor saat jual hasil curian di media sosial

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023