Bangkok (ANTARA News) - Klub Thailand Buriram United mendapat sinar terang setelah perselisihan manajerial yang sengit ketika mereka memperpanjang laju impian mereka di Liga Champions AFC, melalui kemenangan 2-1 atas Bunyodkor pada babak 16 besar, Selasa.

Dua gol melalui tandukan kepala membuat tim Thailand itu dan pelatih baru mereka Scott Cooper, yang pendahulunya dipecat beberapa jam setelah mereka lolos dari fase grup menyusul perselisihan dengan ketua klub, meraih kemenangan pada pertandingan pertama.

Di tempat lain, juara liga Korea Selatan FC Seoul gembira dapat lolos dengan hasil imbang 0-0 setelah menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain saat mereka menghadapi Beijing Guoan di ibukota China.

Di Buriram, Anawan Jujeen membawa tuan rumah bergembira melalui sundulan kepalanya, dyang mengejutkan kiper Bunyodkor Murotjon Zukhuroy pada menit ke-16.

Namun pada masa tambahan waktu di babak pertama tim tamu mampu menyamakan kedudukan, ketika tendangan bebas yang dilepaskan Lutfulla Turaev, yang sepakannya diteruskan tendangan voli di dekat kotak penalti oleh pemain pengganti Igor Taran.

Pada menit ke-60, pemain Bunyodkor Kamoliddin Murzoev nyaris memecah kebuntuan ketika tembakan kaki kirinya membentur mistar gawang.

Namun justru Buriram yang mampu mencetak gol kemenangan pada menit ke-76, ketika pemain pengganti Ekkachai Samre meneruskan tendangan bebas jarak jauh ke gawang tim tamu melalui sundulan kepala.

Semifinalis dua kali Bunyodkor meminta hadiah penalti pada fase akhir pertandingan namun kemenangan menjadi milik tim Thailand, yang memegang keunggulan menjelang pertandingan kedua pekan depan di Tashkent.

Ini merupakan kemenangan berturut-turut ketiga Buriram di bawah Cooper, mantan direktur teknik Leicester City, yang memimpin tim itu meraih dua kemenangan berturut-turut di Liga Thailand setelah menggantikan Atthaphol Puspakom dua pekan silam.

Sementara itu, FC Seoul menikmati laju mulus ke babak 16 besar sebagai juara Grup E, namun mereka jauh dari rasa nyaman saat tampil di Stadion Workers yang bising di Beijing.

Pemain Seoul Dejan Damjanovic menyia-nyiakan salah satu peluang terbaik timnya pada babak pertama, ketika ia berhasil menaklukkan sejumlah pemain bertahan dan melepaskan tembakan yang melebar ke sisi kanan gawang.

Namun harapan juara Liga Korsel itu untuk meraih kemenangan mendapat hambatan pertama, ketika Sergio Escudero harus keluar karena mengalami cedera otot paha belakang, dan kemudian Choi Hyo Jin diusir keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua pada babak kedua.

Saat pertandingan tinggal menyisakan sepuluh menit, penyerang Beijing yang pernah bermain di Liga Utama Inggris dan liga Spanyol Freddie Kanoute memiliki peluang untuk memberi kemenangan pada timnya, namun sepakan setengah volinya melebar dari tiang gawang.

Pada pertandingan-pertandingan Selasa malam, klub Qatar Al Gharafa dan El Jaish akan berhadapan dengan klub Arab Saudi Al Shahab dan Al Ahli, yang merupakan "runner-up" pada tahun lalu. Empat pertandingan pertama babak 16 besar lainnya akan dimainkan pada Rabu, demikian AFP. (H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013