Jakarta (ANTARA) - Indonesia setidaknya sudah pasti dapat satu medali Asian Games Hangzhou pada Kamis (27/9) ketika atlet wushu sanda Samuel Marbun meladeni Afshin Salimi Toupghara asal Iran pada nomor 65kg putra.

Atlet asal Sumatera Utara itu pun menyatakan optimismenya untuk dapat menampilkan yang terbaik pada final.

"Harus yakin. Yang utama harus yakin," kata Marbun setelah memenangi semifinal melawan atlet Filipina Clemente Tabugara Jr

Seandainya kalah pada pertandingan final, Samuel masih akan mendapatkan medali perak.

Kontingen Merah Putih akan cukup sibuk pada Kamis melihat sejumlah partai final yang akan dipertandingkan yang berpeluang menambah tiga medali emas, dua perak dan tujuh yang telah mereka dapatkan.

Baca juga: Klasemen medali Asian Games 2022: Indonesia tertahan di posisi delapan

Di cabang menembak, Alif Satria Bahari, Muhamad Iqbal Raia Prabowo, dan Wira Sukmana akan terjun di nomor men's 10 air pistol, sedangkan tiga petembak putri Feny Bahtian, Nourma Try Indriani dan Rica Nensi Perangin Angin membidik nomor 10m running target.

Di Velodrome Chun'an Jieshou Sports Centre, Bernard Benyamin Van Aert akan menjalani nomor Omnium.

Sedangkan di kolam renang Hangzhou Olympic Sports Centre, Joe Aditya Wijaya Kurniawan menjalani nomor 50m gaya kupu-kupu putra, Muhammad Dwiky Rahardjo di nomor 200m gaya dada putra, dan Nicholas Karel Subagyo di nomor 800m gaya bebas.

Selama penyelenggaraan Asian Games Hangzhou, nomor renang perorangan tampil jeblok setelah tidak ada wakil Indonesia yang lolos ke final.

Hanya tim estafet 400m gaya campuran medley yang pernah merasakan tangguhnya partai puncak meskipun catatan waktu mereka belum mampu menembus empat menit.

Baca juga: Renang estafet Indonesia lolos ke final Asian Games

Selain laga final, sejumlah pertandingan yang tidak kalah seru juga bakal berlangsung di arena Asian Games hari ini.

Tim nasional sepak bola Indonesia akan menjalani laga hidup-mati melawan Uzbekistan pada babak 16 besar.

Sedangkan tim basket putra menghadapi lawan tangguh Jepang pada penyisihan grup D.

Tim sepak takraw putri juga menjalani laga penting pada semifinal melawan tim Korea Selatan di Jinhua Sports Centre Gymnasium di saat tim hoki putra meneruskan perjuangan untuk lolos pool B melawan Malaysia, tim yang mereka kalahkan pada final SEA Games 2023 di Kamboja.

Hoki putra Indonesia masih berpeluang lolos meskipun cukup berat mengingat tim Merah Putih telah menelan dua kali kekalahan ketika melawan Korea Selatan dan China.

Baca juga: Samuel Marbun lolos ke final sanda 65kg putra Asian Games 2022
Baca juga: Indra Sjafri tegaskan timnas siap hadapi Uzbekistan di babak 16 besar
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023