Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meluncurkan sebuah lagu bergenre dangdut berjudul “Bersama Garuda” untuk tim nasional Indonesia dalam sebuah acara PSSI Partner Summit di Jakarta, Rabu (27/9).

Dengan menggandeng penyanyi kenamaan Wika Salim, lagu yang terdapat penggalan lirik “Ku yakin bisa menjadi bintang, menggapai mimpi, bersama Garuda” itu diluncurkan sebagai tanda kebangkitan sepak bola Tanah Air.

“Kita meluncurkan lagu, bangkitnya sepak bola Indonesia yang dimana mulai besok (Kamis) di seluruh radio di Indonesia akan diputar,” kata Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Rabu.

Lagu “Bersama Garuda” yang mempunyai genre dangdut, kata Erick, adalah sebuah bentuk untuk mengenalkan budaya asli Indonesia, musik dangdut, yang menurutnya harus disemarakkan dan menjadi identitas kebanggaan.

Baca juga: Erick Thohir: Dunia bisa lihat sepak bola Indonesia bangun dari tidur

“Kita selalu bicara lagu Korea, bagus. Lagu barat, bagus. Kenapa kita nggak punya kebanggaan sama lagu Indonesia? Dan saya sudah buktikan beberapa kali, lagu dangdut ini bisa diterima di dunia,” kata Erick.

Pria 53 tahun itu lalu memberikan bukti nyata musik dangdut bisa mendunia, salah satunya adalah soundtrack Asian Games 2018 Jakarta-Palembang berjudul "Meraih Bintang" yang dinyanyikan Via Vallen.

“Kemarin waktu Asian Games (2018), Via Vallen lagunya dangdut. Bahkan ditranskip berbagai negara, ya kita harus dorong. Karena kalau kita mau jadi negara besar, ya kita harus punya kultur kita juga,” jelas Erick.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara itu yakin cepat atau lambat lagu “Bersama Garuda” akan melekat di hati masyarakat seperti soundtrack Asian Games 2018 dengan reff lagu “Yo yo ayo,”-nya itu.

Baca juga: FIFA puji kepemimpinan Erick Thohir untuk sepak bola Indonesia

“Kita mendorong lagu dangdut buat internasional. Masyarakat Indonesia senang lagu-lagu ini mudah dicerna. Ya, kuping barat juga nanti masih mendukung,” kata Erick.

Lagu “Bersama Garuda” rencananya akan merilis video klipnya pada 14 Oktober. Lagu yang baru diluncurkan PSSI itu juga nantinya akan diputar di pertandingan-pertandingan timnas Indonesia, termasuk kelompok umur U-17.

“Nanti pada pertandingan U-17, kita juga akan naikkan lagu ini. Dan siapa tahu bisa disiarkan di seluruh dunia,” tutup Erick.

Lebih lanjut, saat peluncuran lagu, Wika Salim juga memperkenalkan joget Garuda dengan bentuk dua telapak tangan yang digabungkan sampai membentuk layaknya sayap burung.

Baca juga: PSSI jaring dana sekitar Rp250 miliar dari sponsor baru
Baca juga: Masyarakat puas dengan kinerja Erick Thohir dalam memimpin PSSI 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023