Jakarta (ANTARA) - Michael Gambon, yang berperan sebagai Profesor Dumbledore dalam film “Harry Potter” dan dipuji sebagai salah satu aktor Inggris terhebat itu, telah meninggal dunia pada usia 82 tahun.

Keluarga Gambon mengonfirmasi kematiannya dalam pernyataan singkat yang dikeluarkan pada Kamis (28/9) melalui perusahaan hubungan masyarakat.

“Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya, Anne, dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia,” kata pernyataan itu, dilaporkan New York Times, Kamis.

Baca juga: Julian Sands dinyatakan meninggal setelah hilang saat naik gunung

Aktor itu dijuluki sebagai “the great Gambon” berkat penampilannya dalam “Life of Galileo” karya Brecht di Teater Nasional London pada tahun 1980, meskipun ia telah menikmati sedikit kesuksesan, terutama dalam drama Alan Ayckbourn dan Harold Pinter.

Peter Hall, yang saat itu menjabat sebagai direktur artistik Teater Nasional, menggambarkan Gambon sebagai orang yang tidak sentimental, berbahaya, dan sangat berkuasa.

Ia mengenang bagaimana Gambon di awal karirnya pernah mendekati empat sutradara terkemuka untuk menerimanya dalam peran utama, namun mereka menolak Gambon dan mengatakannya “tidak cukup berbintang”.

Gambon menikmati kesuksesan pada film “The Cook, the Thief, His Wife and Her Lover”(1989) karya Peter Greenaway, dan terus mengambil peran dalam film-film besar seperti “Sleepy Hollow”, “The Insider”, dan “Gosford Park”.

Baca juga: Aktor "Euphoria" Angus Cloud meninggal dunia pada usia 25 tahun

Kemudian, dengan janggut tergerai dan topi rumbai ikoniknya, dia memerankan profesor Albus Dumbledore di “Harry Potter”, mengambil alih peran Richard Harris setelah kematiannya pada tahun 2002. Dia meminjamkan suaranya yang khas ke banyak film, termasuk sebagai Paman Pastuzo di kedua film “Paddington” dan sebagai narator “Hail, Caesar!”

Dalam laporan The Guardian, pihak keluarga untuk sementara waktu meminta masyarakat untuk menghormati privasi keluarga di momen kelabu ini.

“Kami meminta Anda menghormati privasi kami di saat yang sulit ini dan terima kasih atas pesan dukungan dan cinta Anda,” tulis keluarga.

Baca juga: Aktor veteran Korsel Byun Hee-bong meninggal dunia

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023