Pemilihan Umum 2024 harus sukses dan berjalan secara damai, dan di sini kinerja Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjadi kunci untuk keberhasilan Pemilu 2024
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri untuk terlibat aktif membantu mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2024 yang damai.

"Dalam forum Rapimnas ini, saya mengajak KBPP Polri agar terlibat aktif dalam mendukung tugas Polri seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya melaksanakan Pemilu yang damai," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan-nya dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KBPP Polri bertajuk "Mengawal Kepemimpinan Nasional Menyongsong Indonesia Emas 2045" yang dihadiri para pengurus pusat dan perwakilan daerah KBPP Polri, sejumlah anggota DPR RI, serta perwakilan dari institusi Polri di Jakarta Selatan, Kamis.

Sebab, kata dia, pelaksanaan Pemilu 2024 yang damai akan menjadi salah satu faktor untuk mempercepat langkah bangsa mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

Baca juga: KBPP Polri ajak anggota terus berkontribusi atasi persoalan bangsa

Baca juga: Polri sosialisasikan Pemilu 2024 hingga TPPO di Malaysia


"Pemilihan Umum 2024 harus sukses dan berjalan secara damai, dan di sini kinerja Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjadi kunci untuk keberhasilan Pemilu 2024," ucapnya.

Dia juga berharap KBPP Polri dapat ikut berperan mensukseskan keberhasilan Pemilu 2024, lantaran tantangan dari tugas Polri bertambah dalam menciptakan keamanan dan ketertiban negara seiring dengan perkembangan teknologi.

Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Puan menuturkan bahwa keamanan dan ketertiban merupakan tugas Polri.

"Polri berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Kesemuanya itu merupakan tata nilai kehidupan yang jika dirangkum maka ada harapan agar POLRI bisa mengayomi, memberi rasa aman, 'ngayemi' atau memberi rasa nyaman, dan 'ngayani' atau memperkuat," tuturnya.

Puan juga meminta KBPP Polri untuk dapat membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia bahwa perbedaan politik sejati-nya merupakan hal yang biasa dalam ajang pesta demokrasi.

"Sampaikan kepada rakyat agar jangan terhasut dengan usaha pecah belah bangsa seperti yang sering muncul di media sosial," ucapnya.

Dia lantas mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai pesta demokrasi yang dipenuhi dengan perasaan riang dan gembira.

"Sehingga kita bisa semakin kokoh sebagai bangsa dan bergerak semakin cepat mewujudkan Indonesia maju," kata dia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023