"Berbagai strategi dibahas untuk mengatasi potensi pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi selama proses penyelenggaraan Pemilu 2024,"
Mamuju (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membahas strategi penanganan pelanggaran Pemilu 2024 untuk mewujudkan pemilu yang jujur adil serta berkualitas dan demokratis.

Anggota Bawaslu Sulbar, Subhan di Mamuju, Kamis mengatakan, Bawaslu Sulbar telah melakukan rapat koordinasi untuk membahas penanganan pelanggaran Pemilu 2024.

Ia mengatakan, koordinasi tersebut bertujuan untuk memastikan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, adil, dan transparan.

"Berbagai strategi dibahas untuk mengatasi potensi pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi selama proses penyelenggaraan Pemilu 2024," katanya.

Ia mengatakan, salah satu poin strategi utama yang dibahas adalah upaya agar seluruh pengawas pemilu di Sulbar dapat dipastikan memahami terkait peraturan Bawaslu dan Undang Undang yang mengatur pemilu 2024.

"Semua pihak yang terlibat dalam pemilu diupayakan memiliki pengetahuan yang cukup dan mematuhi regulasi yang berlaku, sebagai strategi menangani pelanggaran pemilu," katanya.

Ia berharap, agar seluruh pengawas pemilu ditingkatkan kabupaten dapat lebih siap dan terkoordinasi dalam menghadapi potensi pelanggaran dengan memahami regulasi menghadapi pemilu.

Menurut dia, dengan memahami aturan pemilu pelanggaran dapat dicegah dan ditangani sesuai aturan sehingga pemilu dapat berlangsung berkualitas dan demokratis.

"Upaya tersebut juga untuk memastikan pengawasan pemilu memiliki integritas dan transparan, dan seluruh pihak di masyarakat diminta agar terlibat dan bekerja sama dengan baik mengawasi pemilu dan untuk suksesnya pemilu 2024," katanya.
 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023