Tokyo (ANTARA) - Nilai penawaran saham Jepang meningkat lebih dari empat kali lipat tahun ini, karena investor didorong oleh lonjakan indeks saham Nikkei ke level tertinggi dalam 33 tahun dan tanda-tanda bahwa perusahaan-perusahaan Jepang telah mulai mengelola modal mereka dengan lebih efisien.

Tahun 2022 yang sulit bagi pasar modal ekuitas secara global mengakibatkan terhambatnya kesepakatan penggalangan dana. Jepang juga mendapat keuntungan dari tingkat suku bunga yang jauh lebih rendah dibandingkan negara lain, pencabutan saham perusahaan-perusahaan Jepang oleh miliarder Warren Buffett dan realokasi dana dari China di tengah ketegangan antara Beijing dan Washington.

Hasil dari penawaran umum perdana dan penerbitan saham sekunder dan obligasi konversi melonjak 343 persen menjadi 23,7 miliar dolar AS dalam sembilan bulan pertama tahun ini, data LSEG menunjukkan. Jumlah transaksi naik sepertiga.

Sebaliknya, data serupa untuk China menunjukkan penurunan pendapatan sebesar 29 persen, meskipun jauh lebih besar yaitu 104,3 miliar dolar AS, dengan penurunan jumlah transaksi sebesar 11 persen.

Terdapat 73 IPO (penawaran umum perdana) Jepang selama sembilan bulan yang berhasil mengumpulkan total dana sebesar 3,3 miliar dolar AS, hampir empat kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Itu termasuk penawaran 625 juta dolar AS dari Rakuten Bank.

Rencana penawaran senilai 111 miliar yen (740 juta dolar AS) dari pembuat peralatan cip Kokusai Electric - yang saat ini sedang direncanakan untuk dicatatkan pada 25 Oktober - akan menjadi IPO terbesar di Jepang dalam lebih dari lima tahun.

Pencatatan saham yang sukses baik di Jepang maupun di negara lain dapat mendorong lebih banyak IPO, kata Yusuke Minowa, kepala pasar modal ekuitas di Goldman Sachs Jepang.

“Perusahaan sedang mempertimbangkan beberapa IPO besar baru-baru ini dan jika kinerjanya baik, hal ini akan memberikan kepercayaan kepada beberapa perusahaan untuk melanjutkan rencana mereka.”

Penawaran penting lainnya termasuk penjualan saham KDDI senilai sekitar 250 miliar yen oleh Toyota, atau sekitar 20 persen kepemilikannya di perusahaan telekomunikasi tersebut - sebuah contoh, kata para bankir, tentang percepatan dalam pelepasan kepemilikan silang perusahaan Jepang.

Para bankir mengatakan investor sangat antusias dengan seruan Bursa Efek Tokyo pada Maret agar perusahaan-perusahaan mengungkapkan rencana meningkatkan efisiensi modal, terutama jika saham mereka diperdagangkan di bawah nilai buku.

Hal ini telah memicu gelombang pembelian kembali saham dan kenaikan dividen serta membantu Nikkei naik sekitar seperempat untuk tahun ini dibandingkan dengan kenaikan 11 persen pada S&P 500.

"Nikkei telah stabil pada level yang lebih tinggi ini – dan mungkin akan naik lebih tinggi – daripada langsung jatuh kembali, jadi saya memperkirakan perasaan positif ini akan terus berlanjut," kata Tsunenori Hanakura, manajer umum pasar modal ekuitas di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities.

Investor institusional, mulai dari dana lindung nilai hingga dana jangka panjang, telah membangun kembali posisi mereka di Jepang sejak April, menurut Minowa dari Goldman Sachs.

“Para investor internasional tersebut berada dalam kondisi underweight tapi mereka meningkatkan eksposurnya,” katanya.

Hayato Takei, kepala sindikasi ekuitas di Mizuho Securities, mengatakan dana-dana utama AS masih berada sekitar 20 persen di bawah bobot Jepang dibandingkan dengan acuan yang berarti momentum bagi pasar modal ekuitas Tokyo kemungkinan akan tetap kuat.

“Sekarang semua orang fokus pada apakah Nikkei akan terus naik,” kata Takei.


Baca juga: Saham Asia perpanjang kenaikan, waspadai imbal hasil Jepang
Baca juga: Nikkei ditutup di tertinggi 32 tahun, kekhawatiran gagal bayar AS reda

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023