Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi mewarnai pemberitaan Jumat (29/9), mulai dari pemerintah hadir untuk melindungi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara dengan Singapura ditargetkan terealisasi pada tahun 2024.

Berikut berita selengkapnya:

1. Mendag: Pemerintah hadir untuk membela UMKM

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah hadir untuk melindungi pelaku bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari persaingan dengan produk-produk impor yang dijual di platform social commerce.

2. Kemenparekraf: QRIS antarnegara beri kemudahan wisman bertransaksi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara akan memberikan kemudahan bagi wisatawan mancanegara untuk bertransaksi.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam di Batam, Kamis, mengatakan penerapan QRIS antarnegara saat ini bisa dilakukan di dua negara tetangga, yaitu Malaysia dan Thailand.

3. Menteri BUMN resmikan situs Indonesia Incorporated

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan website Indonesia Incorporated sebagai wadah informasi untuk berbisnis dengan mitra luar negeri.

Indonesia Incorporated merupakan Kantor Bersama dari perusahaan-perusahaan BUMN di luar negeri untuk dapat berkolaborasi sehingga dapat semakin bersaing di luar negeri.

Peresmian website tersebut merupakan langkah lanjut dari pembukaan Kantor Bersama Indonesia Incorporated yang pertama diresmikan Menteri BUMN di Hong Kong pada akhir Juni 2023.

4. Kemenperin: Ekspor perhiasan Indonesia nomor 17 di dunia

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI, Reni Yunita menyebut ekspor perhiasan Indonesia menduduki peringkat 17 dunia, naik dibanding tahun sebelumnya yang berada di urutan 18.

"Selama ini ekspor kita untuk perhiasan nomor 17 dunia dan ini menunjukkan ekspor kita meningkat. Di bulan Januari hingga Juli saja nilainya 3,1 miliar dolar AS," kata Reni saat membuka pameran perhiasan "Surabaya International Jewellery Fair 2023" di Surabaya, Kamis.

5. BI sebut implementasi QRIS dengan Singapura ditargetkan akhir 2023

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepulauan Riau menyebutkan implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara dengan Singapura ditargetkan terealisasi pada akhir tahun 2023.


Baca juga: Kemarin, integrasi transportasi Jabodebek hingga dampak "food estate"
Baca juga: Kemarin, bursa karbon diluncurkan hingga IKN ditawarkan ke investor


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023