Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menghadirkan gerai "Ulammart" di Stasiun Gambir sebagai upaya memperluas akses pasar UMKM perikanan.
 
"Ulammart ini bagian dari fasilitasi akses pemasaran dalam negeri untuk UMKM perikanan yang dengan segala keterbatasan memerlukan uluran tangan pemerintah, bimbingan dan pendampingan," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan, KKP Budi Sulistiyo dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Budi mengatakan, gerai Ulammart yang ada di pintu kedatangan stasiun Gambir ini akan membuka peluang kerjasama dan bisnis bagi semua pihak.
 
Dia juga berharap gerai serupa bisa direplikasi di stasiun-stasiun besar dan potensial guna menjadi hub pemasaran produk perikanan yang mewadahi seluruh UMKM nusantara.
 
Ulammart menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menyediakan sarana yang memadai untuk menunjang kegiatan pemasaran hasil perikanan.
 
Budi menilai ketersediaan sarana pemasaran memberikan peranan yang sangat penting dalam upaya mendistribusikan hasil perikanan ke masyarakat dengan mutu yang tetap terjaga, meningkatkan pendapatan pemasar ikan dan mendukung peningkatan konsumsi ikan masyarakat.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada KAI atas fasilitasi yang telah diberikan. Pembukaan Ulammart juga terasa spesial karena bersamaan dengan HUT KAI," tutur Budi.
 
Saat ini, jumlah produk yang terdaftar di gerai Ulammart sebanyak 150 jenis produk yang berasal dari 50 UMKM dan dari 30 Kabupaten/kota delapan provinsi, semua produk tersebut sudah dijamin standard mutu dan keamanan produknya.
 
"Kami tetap membuka kesempatan bagi yang belum masuk, bukan hanya pangan tapi juga kerajinan dan tentunya harga bersaing," urainya.
 
Senada, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Erwin Dwiyana mengatakan konsumsi ikan masyarakat menjadi salah satu indikator kinerja utama KKP. Adapun capaian Angka Konsumsi Ikan (AKI) Nasional tahun 2022 sebesar 57,27 kg/kapita setara utuh segar, dengan total serapan ikan nasional sebesar 13,47 juta ton ikan utuh segar.
 
Capaian AKI tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,83 persen diibandingkan tahun 2021 sebesar 55,16 kg/kapita setara ikan utuh segar.
 
"Hadirnya Ulammart ini menjadi salah satu upaya kita untuk terus meningkatkan angka konsumsi ikan, tentunya melalui produk olahan UMKM yang semuanya sudah terjamin mutunya," jelas Erwin.
 
Sementara Deputi Bidang Pelayanan dan Komersial DAOP I Jakarta, Ali Afandi mengapresiasi hadirnya Ulammart di Stasiun Gambir. Menurutnya, keberadaan gerai tersebut menjadi wujud sinergi KKP dengan KAI guna mengangkat daya saing UMKM, khususnya perikanan.
 
"Kami mendukung penuh, karena ini bagian dari keberpihakan kita terhadap UMKM," pungkasnya.

Baca juga: KKP kembangkan desa perikanan cerdas melalui intervensi teknologi
Baca juga: KKP siapkan "ocean big data" dukung ekonomi maritim berkelanjutan
Baca juga: Mengelola tata ruang laut demi kedaulatan perairan RI

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023