Hong Kong (ANTARA) - Hong Kong mempertahankan peringkat keempat dalam indeks pusat keuangan global yang diterbitkan oleh lembaga pemikir Inggris dan China pada Kamis (28/9) menunjukkan ketangguhannya sebagai pusat keuangan terkemuka meski tantangan menghadang.

Laporan Indeks Pusat Keuangan Global (GFCI) 34 yang dirilis oleh lembaga pemikir Inggris Z/Yen Group dan China Development Institute di Shenzhen menunjukkan penilaian terhadap Hong Kong secara keseluruhan meningkat secara signifikan.

"Peringkat global Hong Kong dalam empat bidang, yaitu lingkungan bisnis, sumber daya manusia, pengembangan sektor keuangan, serta reputasi dan umum telah meningkat ke posisi keempat, mencerminkan pengakuan atas kekuatan dan soliditas Hong Kong yang berkelanjutan sebagai pusat keuangan internasional di era pasca-COVID," kata Juru Bicara Pemerintah Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong.

Juru bicara tersebut mengatakan meski tantangan menghadang, Hong Kong secara proaktif memanfaatkan peluang-peluang unik, dengan keuntungan karena didukung oleh pemerintah China dan terhubung dengan dunia di bawah prinsip "Satu Negara, Dua Sistem".
 
   (Xinhua)


"Hong Kong akan terus memperkuat dorongan untuk pertumbuhan yang kuat dan memanfaatkan keunggulan institusional kami, termasuk tradisi supremasi hukum yang baik, lingkungan bisnis yang berorientasi pasar dan berkarakter internasional, dukungan infrastruktur yang kuat, rezim peraturan yang selaras secara internasional, produk dan layanan keuangan yang beragam, serta arus informasi dan modal yang bebas, demi memperkuat pasar modal Hong Kong dan statusnya sebagai pusat keuangan internasional," kata juru bicara itu.

Sang juru bicara juga menambahkan Hong Kong akan terus mengembangkan pasar baru, dan menjajaki lebih banyak peluang kerja sama internasional, yang mencakup bidang-bidang seperti keuangan hijau dan teknologi keuangan, dengan tujuan untuk terus memperkuat daya saing Hong Kong.

Laporan GFCI dirilis pada Maret dan September setiap tahun sejak 2007. Dalam GFCI 34, sebanyak 121 pusat finansial dinilai dan Hong Kong berada di peringkat keempat secara global dengan nilai keseluruhan 741.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023