Jakarta (ANTARA) -
Penyedia layanan manajemen fasilitas OCS Group Indonesia mendukung gelaran World Cleanup Day pada bulan September dengan melakukan aksi bersih-bersih di sekitar hulu Sungai Ciliwung, khususnya area Taman Edukasi dan Konservasi Ciliwung.

Dalam satu hari, aksi bersih-bersih itu berhasil mengangkut lebih dari 360 kilogram sampah berhasil dikumpulkan, dan sampah tersebut akan diproses menjadi materi produk daur ulang.

"Sejalan dengan Komitmen ESG (Economy, Social, and Governance), inisiasi ini bertujuan melebihi dari sebatas membangun kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih. Kami mendorong masyarakat agar secara perlahan tapi pasti mampu mengubah perilaku mereka terhadap sampah," kata ESG Programme Leader OCS Group Indonesia Ricardo Purba dalam siaran resmi pada Jumat.

Ricardo yang juga merupakan Key Account & Service Excellence Director menambahkan, “Kami juga mengutamakan upaya-upaya kami dengan melakukan waste management yang memastikan bahwa sampah yang terkumpul akan diproses lebih lanjut, dan tidak akan berakhir di tempat pembuangan sampah seperti TPS ataupun TPA.”

Leader dari World Cleanup Day Indonesia, Andy Bahari menambahkan, "Kami menaruh harapan besar kepada OCS Group Indonesia, dan kami yakin bahwa kolaborasi ini dapat menciptakan dampak yang berarti, yang mampu mengubah peserta kegiatan cleanup menjadi agen perubahan baik itu bagi perusahaan maupun masyarakat luas.”

World Cleanup Day merupakan gerakan global bersih-bersih sampah yang dilakukan serentak setiap minggu ketiga di bulan September. Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2018, kegiatan cleanup ini telah memberikan kontribusi signifikan.

Kolaborasi OCS Group Indonesia dan WCD melibatkan sebanyak 50 orang peserta, yang merupakan karyawan OCS, perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Depok, dan relawan dari warga sekitar. 

OCS Group Indonesia terus berkomitmen dalam meningkatkan upaya demi terciptanya lingkungan yang lebih bersih dan lebih berkelanjutan, yang juga merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan proses bisnis perusahaan kami.

Baca juga: Polwan angkut 4 kuintal sampah dari Sungai Ciliwung

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup, DKI-PLN kumpulkan 640 kg sampah dari Ciliwung

Baca juga: Sekda DKI minta sanksi tegas bagi pembuang sampah di aliran sungai

Pewarta: Bayu P.S
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023