Kami berharap dengan bantuan PSU ini para pengembang bisa mendukung Program Sejuta Rumah dengan membangun perumahan bersubsidi bagi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melengkapi pembangunan perumahan subsidi dengan penyediaan prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) di Kalimantan Selatan untuk mendorong kepemilikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kami berharap dengan bantuan PSU ini para pengembang bisa mendukung Program Sejuta Rumah dengan membangun perumahan bersubsidi bagi masyarakat," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Iwan menjelaskan pada 2023 penyaluran PSU dibagi dalam dua tahap di Kalimantan Selatan yakni tahap I sebanyak 980 unit yang telah selesai dibangun pada Agustus 2023 lalu dengan nilai anggaran Rp7,8 miliar.

Selanjutnya tahap II bantuan PSU disalurkan ke sejumlah perumahan bersubsidi senilai Rp6,6 miliar diperuntukkan bagi 825 rumah bersubsidi di enam kabupaten/kota di Kalsel.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II, H Hujurat, yang didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan Rudi Yunanto menyatakan, PSU berupa akses jalan lingkungan ini untuk menstimulasi pembangunan rumah atau perumahan subsidi sehingga membantu masyarakat berpenghasilan rendah memiliki hunian yang layak.

"Perumahan bersubsidi bukan berarti rumah yang dibangun mempunyai fasilitas seadanya sehingga penyaluran bantuan PSU membuat akses jalan lingkungan di perumahan bersubsidi juga tertata dengan baik dan membuat penghuninya merasa nyaman tinggal bersama anggota keluarga,” kata Hujurat.

Lebih lanjut, kata Hujurat, sebagai tanda dimulainya penyaluran bantuan PSU, pihaknya telah melaksanakan penandatanganan kontrak bantuan PSU pada Senin tanggal 4 September 2023 lalu.

Berdasarkan data yang ada, bantuan PSU yang diberikan antara lain jalan cor beton dan paving block. Dengan bantuan ini masyarakat bisa menikmati kawasan lingkungan rumah berkualitas dan memiliki lingkungan yang tertata dengan baik, nyaman ditinggali, sehingga rumah subsidi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tidak kalah dengan perumahan komersil untuk akses jalan lingkungan.

Bantuan PSU ini menyasar di enam kabupaten kota yakni, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Kotabaru.

"Bantuan PSU bersifat stimulan bagi pelaku pembangunan yang memenuhi syarat sehingga perlu ada komitmen pelaku pembangunan dalam menuntaskan tanggung jawab PSU yang diperjanjikan,” ujar Hujurat.

Baca juga: BP Tapera siap salurkan dana rumah subsidi Semester II Rp12 triliun

Baca juga: BP Tapera: Perumahan subsidi masih menjanjikan pada tahun depan

Baca juga: PUPR ingatkan komitmen bersama menuju hunian vertikal adalah keharusan

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023