“Ada 76 persen responden yang percaya kerja Kejaksaan Agung dalam penegakan hukum,”
Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Kejaksaan Agung mempertahankan predikat sebagai lembaga penegak hukum (LPH) yang paling dipercaya publik, dengan tingkat kepercayaan sebesar 76 persen.

“Ada 76 persen responden yang percaya kerja Kejaksaan Agung dalam penegakan hukum,” kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida saat memaparkan hasil survei bertajuk "Swing Voters, Efek Sosialisasi dan Tren Elektoral Jelang Pilpres 2024" secara virtual, Sabtu.

Rizka menilai tingginya tingkat kepercayaan publik berhasil dipertahankan Kejaksaan itu, tetap menjadikan Korps Adhyaksa sebagai lembaga penegak hukum paling dipercaya publik.

Jika disandingkan dengan lembaga negara lainnya, Kejaksaan Agung di era Jaksa Agung ST Burhanuddin berada di peringkat ketiga dengan tingkat kepercayaan sebesar 76 persen.

Lembaga negara yang mendapatkan tingkat kepercayaan publik tertinggi ditempati TNI dengan 93 persen, dan disusul Presiden 91 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan dalam rentang waktu 25 Agustus-3 September 2023 dengan menggunakan metode random sampling. Survei itu melibatkan sebanyak 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023