Palembang, Sumsel (ANTARA) - Tahun 2023, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi provinsi paling sering menjadi tuan rumah olahraga baik pertandingan single event maupun multi event berlevel internasional dan nasional.

Psling tidak, dalam tiga bulan beruntun (Juli, Agustus dan Oktober 2023), Sumsel menjadi tempat penyelenggaraan ajang olahraga yang relatif besar. 

Untuk level Asia, Gelora Jakabaring Sport City Kota Palembang menjadi tuan rumah pertandingan AFF U-19 Womens Championship 2023 5-15 Juli 2023 yang diikuti 11 tim sepak bola di Asia Tenggara. Thailand menjadi juaranya.

Disusul kemudian perhelatan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023, 26 Juli 4 Agustus 2023 dengan Jawa Tengah sebagai juara umumnya.

Sebulan setelah Peparpenas,  Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI/2023 berlangsung di Kota Palembang, 26 Agustus-3 September, dengan DKI Jakarta sebagai juara umumnya. Pemprov Sumsel tetap menggelar Popnas, kendati Pemprov Bangka Belitung mundur dari tuaan rumah bersama, sehingga semuanya digelar di Sumsel.

Selain itu ada juga event olahraga lari dan balap sepeda. Sriwijaya Ranau Del Fondo 2023 di gelar kawasan Danau Ranau Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Kemudian lomba lari 10K di Muba dan di Dempo Pagar Alam masing-masing berhadiah mobil yang digandeng dengan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Berikutnya dua pertandingan multi event Porprov Sumsel XIV/2023 di Kabupaten Lahat 17-24 September 2023 yang sudah berakhir. Porprov Sumsel diikuti oleh 6.663 atlet dan 1.700-an official, pelatih dan tim pendukung. Ajang mencatatkan sejarah, Kabupaten Lahat sebagai juara umumnya dengan mencatat perolehan medali signifikan 198 emas, 126 perak dan 136 perunggu.

Dan terakhir, Pekan Paralimpin Provinsi (Peparprov) Sumsel IV/2023. Sumsel juga mencatat sejarah, dengan membuka bersamaan ajang Porprov dan Peparprov pada acara megah pada Minggu (17/9/2023) lalu.

"Sumsel pertama membukan Porprov dan Peparprov dilakukan bersaman, semoga memberikan semangat bagi semuanya untuk menjaga prestasi olahraga Sumsel, untuk menuju PON XXI/2024 di Aceh-Sumut, serta Peparnas 2024 di tempat sama," kata Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Yang membanggakan, sebaran perolehan medali merata. Semua kontigen Porprov Sumsel mampu mendulang medali emas, serta medali lainnya perak dan perunggu. Di sisi lain tuan rumah Kabupaten Lahat juga memfasilitasi maksimal penyelenggaraannya dengan berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang berusaha di Lahat serta sinergi penggunaan fasilitas olahraga milik Kodam II Sriwijaya dan Polri.

"Yang ada kita maksimalkan digunakan, yang belum ada kita buat infrastrukturnya. Tidak semuanya maksimal, namun bisa untuk pertandingan dan pembinaan prestasi," kata Gubernur Deru yang secara khusus memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terkait.

Dengan hasil itu Kabupaten Lahat berhasil merealisasikan "3 Sukses" yakni Sukses Penyenggaraan, Sukses Prestasi dan Sukses Pemberdayaan Ekonomi masyarakat.

Di sisi lain, kesuksesan pertandingan multievent di Provinsi Sumatera Selatan ini, menunjukkan spirit dan komitmen insan olahraga tetap terjaga. Padahal top organisasi olahraga daerah itu, KONI Sumsel sedang mendapat ujian. Beberapa pengurus terasnya terjerat kasus hukum terkait pengelolaan dana hibah KONI Sumsel.


Baca juga: Fornas VI 2021 Sumatera Selatan tahun 2022 resmi dibuka
Baca juga: Sumsel jadi pusat pembinaan olahraga wilayah Sumatera


Berikutnya: balap motor dan barebow

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023