Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) telah menorehkan banyak prestasi, di antaranya perluasan kepengurusan di dalam dan luar negeri, dan juga penghargaan seperti Sertifikat ISO 9001:2015.

“Saya mengapresiasi capaian MES, khususnya beberapa penghargaan Sertifikat ISO 9001, Audit Keuangan MES dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian. Selamat atas prestasi-prestasi itu,” kata Wapres saat berpidato dalam Musyawarah Nasional ke-6 Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Jakarta, Minggu.

Kepengurusan MES di bawah Ketua Umum Erick Thohir juga mampu mencatatkan hasil audit dengan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Jaga dan tingkatkan terus prestasi-prestasi tersebut ke depan. Mari terus berkarya dan berinovasi dengan niatan ibadah kepada Allah, dalam bingkai kerja Ikhlas, kerja cerdas, kerja tangkas, dan kerja tuntas untuk turut meningkatkan kesejahteraan bangsa dan negara,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan MES telah membesarkan sayapnya, baik dari segi kepengurusan, prestasi dan kegiatan. MES telah hadir di 123 kabupaten/kota dan juga di 23 negara.

Ma’ruf meminta MES untuk terus membesarkan organisasi dengan beberapa upaya agar ekonomi dan keuangan syariah Indonesia bertumbuh pesat. Upaya pertama, Ma’ruf meminta MES meningkatkan peran dan kontribusi nyata sebagai penggerak pengembangan ekonomi syariah hingga level akar rumput.

“Saya yakin seluruh anggota MES memiliki komitmen kuat dan pemahaman yang mendalam akan keilmuan ekonomi syariah. Kini saatnya tiap anggota MES menjadi role model bagi umat,” kata dia.

Dengan peningkatan peran kader MES, maka masyarakat akan melihat langsung nilai-nilai kebaikan dan keunggulan ekonomi syariah dalam bertransaksi, praktik bisnis, kegiatan keuangan, maupun berbagai aktivitas keseharian lainnya.

Upaya kedua, kata Ma’ruf, MES perlu menggiatkan pengkajian dan penulisan yang dapat menjadi narasi publik, guna memperkuat diseminasi tentang kontribusi nyata ekonomi dan keuangan syariah bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Langkah ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah, dan masyarakat akan semakin memahami peran dan kontribusi ekonomi syariah dalam peningkatan kesejahteraan,” kata dia.

Langkah ketiga, ujar Ma’ruf, terus tingkatkan jejaring kolaborasi, sinergi dan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mengakselerasi pengembangan aktivitas ekonomi dan keuangan syariah.

“Kawal pencapaian visi Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia. Bangun komunikasi melalui argumentasi konstruktif dengan masyarakat, dengan tetap menjadi mitra terbaik pemerintah saat ini maupun yang akan datang, siapapun nanti yang duduk dalam kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden yang akan datang,” kata Ma’ruf.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum MES Erick Thohir menyampaikan komitmen penuh MES untuk dapat memberikan kontribusi secara optimal dalam mengembangkan ekonomi syariah dan kemaslahatan umat.

“Kami terus berupaya agar kehadiran MES semakin dirasakan manfaatnya dan dapat memenuhi harapan untuk menjadi motor penggerak pengembangan usaha yang sesuai prinsip syariah,” ujarya.

Dalam Munas MES, Minggu ini juga turut dilaksanakan penyerahan bantuan berupa Rumah Tahan Gempa Cianjur oleh Erick Thohir kepada Ketua Yayasan Masyarakat Mitra Masjid Prihantono. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penanganan dampak bencana gempa bumi yang melanda Cianjur, Jawa Barat, pada November 2022.

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023