Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arsenal Mikel Arteta senang dengan rekrutan anyar timnya, Kai Havertz yang mencetak debut gol saat timnya menang 4-0 dari AFC Bournemouth pada lanjutan laga Liga Inggris 2023/2024, di Stadion Vitality, Sabtu (30/9).

Havertz mencetak gol melalui titik putih (53’) setelah sebelumnya Martin Odegaard dilanggar di kotak terlarang oleh Ryan Christie. Satu gol pemain yang didatangkan dari Chelsea itu melengkapi tiga gol The Gunners lainnya yang dicetak oleh Bukayo Saka (17’), Odegaard (44’), dan Ben White (90+3’).

“Itu mungkin akan mengubah segalanya (kepercayaan dirinya),” ucap Arteta, dilansir dari laman resmi klub, Minggu.

Arteta menilai gol itu berarti banyak bagi Havertz karena gol tersebut adalah kontribusi gol pertama bagi sang pemain setelah tanpa gol dan assist selama tampil 10 kali di seluruh kompetisi pada musim ini.

Baca juga: Gol perdana Havertz warnai pesta gol Arsenal ke gawang Bournemouth

“Usain Bolt pernah mengatakannya, saya harus berlatih empat tahun untuk berlari sembilan detik, terkadang Anda harus melakukan banyak hal dan Anda tidak melihatnya, tetapi pada saat itu Anda melihatnya, saya yakin apa dia lalui dalam beberapa minggu terakhir, momen ini bernilai untuknya,” jelas Arteta.

Dalam kesempatan yang sama, mantan asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City itu juga senang dengan kemenangan tandang empat gol tanpa balas atas The Cherries.

Pasalnya, kemenangan ini menjadi tiga kemenangan sempurna yang diraih tim Meriam London saat berlaga tandang karena selalu mencatatkan cleansheets setelah sebelumnya meraih hal yang sama saat mengalahkan Crystal Palace (1-0) dan Everton (1-0).

“Ini adalah hal yang sangat besar, memenangkan pertandingan di liga ini, menjaga clean sheet bagi kami akan menjadi hal yang sangat penting dan laga tandang mungkin akan menjadi lebih besar dan tantangannya sekarang adalah apakah kami dapat membawanya ke Emirates juga dan tetap konsisten,” ucap Arteta.

Baca juga: Arteta kecewa Arsenal gagal petik tiga poin di Derbi London Utara

Pada laga selanjutnya, Arsenal akan menghadapi partai berat di Stadion Emirates, yaitu melawan tim yang menggagalkan mereka meraih trofi Liga Inggris musim lalu, Manchester City, pada Minggu (8/10) pukul 22.30 WIB.

Namun, sebelum itu, Bukayo Saka dan kawan-kawan akan terlebih dahulu bertandang ke markas Lens, Stade Bollaert-Delelis, di partai kedua Liga Champions 2023/2024 pada Rabu (4/10) pukul 02.00 WIB.

“Bagaimana kami dapat mempersiapkan Lens, ini akan menjadi pertandingan tandang yang sangat sulit pada hari Selasa (waktu setempat) untuk mencoba memenangkannya dan City akan menjadi langkah berikutnya,” tutup pelatih 41 tahun itu.

  Baca juga: Tottenham Hotspur menang dramatis atas Liverpool 2-1
Baca juga: Manchester United kembali tersungkur seusai ditekuk Crystal Palace 0-1


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023