mengimbau orang tua di rumah untuk selalu mengawasi anaknya, serta tidak membiarkan anak-anak selama pembelajaran jarak jauh untuk bermain di luar rumah.
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi menginstruksikan seluruh satuan pendidikan PAUD hingga SMP untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring 2-4 Oktober 2023 dampak kabut asap yang tebal di daerah setempat.

Instruksi ini sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Minggu.

Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Minggu, mengatakan melalui surat edaran ini, Pemerintah Kota Jambi mulai mengambil langkah taktis dan strategis guna melindungi masyarakat dan lingkungan hayati lainnya yang akan terpapar kabut asap dalam jangka waktu lama.

Adapun Wali Kota Jambi mengeluarkan Edaran Nomor PK.02.01/2770/Disdik/2023 tanggal 1 Oktober 2023 tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar pada masa Bencana Kabut Asap di Kota Jambi.

Edaran ini memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh secara online atau daring bagi pelajar sekolah tingkat Kelompok Bermain/KB, PAUD, TK, SD, dan SMP sederajat, Negeri/swasta, mulai hari Senin 2 Oktober hingga 4 Oktober 2023.

Kepada sekolah dan satuan pendidikan lainnya untuk tetap memberikan materi pembelajaran kepada anak didik agar para siswa dapat terus belajar di rumah, dengan menggunakan metoda sistem pembelajaran online atau daring.

Pemkot juga mengimbau orang tua di rumah untuk selalu mengawasi anaknya, serta tidak membiarkan anak-anak selama pembelajaran jarak jauh untuk bermain di luar rumah.

"Kepada masyarakat kami imbau untuk mengurangi aktivitas luar ruang, terutama bagi anak-anak selama PJJ berlangsung," katanya.

Selain itu juga hindari sumber polusi, tidak merokok, menutup ventilasi rumah, kantor, sekolah, tempat umum saat tingkat polusi udara tinggi. Penting untuk kembali menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruang, terutama saat kualitas udara buruk.

Di masa kabut asap, tentunya berpotensi terhadap kesehatan masyarakat. Untuk itu Abu minta masyarakat untuk tetap melaksanakan pola hidup bersih dan sehat dan segera memeriksakan diri jika mengalami keluhan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat.

Pemkot Jambi akan terus menginformasikan perkembangan terkait situasi kabut asap dan kebijakan-kebijakan strategis lainnya secara luas dan cepat kepada masyarakat.
Baca juga: RSUD Abdul Manaf Kota Jambi sediakan ruang khusus gangguan pernapasan
Baca juga: BMKG: Jumlah titik panas di Jambi meningkat, capai 1.819 hotspot
Baca juga: Jambi terdampak asap kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan


Pewarta: Tuyani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023