Dekranasda harus mempromosikan batik atau tenun khas Kalbar agar dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat internasional.
Pontianak (ANTARA) - Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson mengarahkan Dekranasda Kalbar untuk memperbanyak jenis dan motif batik khas Kalbar serta mempromosikannya hingga dikenal masyarakat Internasional untuk menghidupkan ekonomi kreatif di provinsi ini.

Kalbar memiliki beberapa jenis batik yang sangat baik dan sudah dikenal secara nasional. Masyarakat Kalbar untuk menjaga warisan budaya dan seni batik dari leluhur dan melestarikan batik ke seluruh Daerah di Kalbar.

"Dekranasda harus mempromosikan batik atau tenun khas Kalbar agar dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat internasional," kata Harisson di Pontianak, Senin.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Jakut kenalkan kreasi batik

Harisson menjelaskan, batik adalah warisan budaya  leluhur yang harus terus dijaga, dilestarikan, dikembangkan dan dipromosikan, seperti pada kegiatan Fashion Show Istana Berbatik yang dilaksanakan di istana Negara di Jakarta, di mana semua yang hadir menggunakan batik, sebagai bentuk dukungan dalam melestarikan budaya batik di Indonesia.

Dikatakannya, agenda peragaan batik ini tidak hanya diikuti dari 38 (tiga puluh delapan) provinsi/kepala daerah namun juga para menteri, Kapolri dan Panglima TNI juga memeriahkan fashion show tersebut.

Dia mengatakan, batik sebagai karya seni menjadi kekayaan budaya Bangsa Indonesia dan dikagumi berbagai penjuru dunia. Maka dari itu, Pj Gubernur berharap batik khas Kalbar dapat dikenal di seluruh penjuru dunia.

Mantan Sekda Kalbar ini menambahkan, Pontianak juga memiliki jenis batik tulis khas Pontianak yang diadaptasi dari corak insang dengan khasanah karakter geologi tanah gambut Kota Pontianak yang kaya manfaat.

Dia juga mengatakan, Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa tetapi warisan budaya yang mendunia. Dengan simbolisme teknik dan budaya yang melekat dengan Indonesia.

Baca juga: Pj Gubernur NTB promosi Batik Gembok di ajang Istana Berbatik

Dalam memperingati Hari Batik Nasional (HBN), seluruh masyarakat Indonesia diajak untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap seni dan budaya Indonesia.

"Demikian dengan masyarakat Kalbar, kami harapkan bisa menjaga warisan ini dan bangga menggunakannya," kata Harisson.


 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023