Pekanbaru, (ANTARA) - Sejumlah sekolah di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mulai menganjurkan murid-muridnya menggunakan masker di sekolah akibat cuaca dan kualitas udara yang belakangan tak sehat lantaran kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Guru Kelas III A SDN 6 Pekanbaru, Arta Manalu, Senin mengatakan hal itu untuk antisipasi kepada murid-murid sejak dini agar tidak terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Kepala Sekolah sudah menghimbau murid-murid menggunakan masker sejak Sabtu pagi. Kami juga mengimbau agar murid mengurangi aktifitas di luar rumah atau sekolah," katanya.

Baca juga: BMKG imbau warga Kalimantan Utara pakai masker karena kabut asap

Terkait kualitas udara yang mulai memburuk, Arta mengungkapkan proses belajar mengajar masih seperti biasa dan belum beralih ke sistem daring.

"Sampai saat ini jam belajar masih seperti biasa. Belum ada perubahan, masih Senin sampai Sabtu," lanjutnya.

Baca juga: Kualitas udara tidak sehat, warga Kota Jambi diingatkan pakai masker

Pihak sekolah berharap dinas terkait dapat memberikan bantuan masker kepada seluruh siswa. Pasalnya saat ini masker yang digunakan saat ini dibeli secara swadaya dan belum sesuai standar kesehatan.

"Harapan kami kepada pihak yang berkompeten dalam hal ini mudah-mudahan ada iktikad membagikan masker ke sekolah," katanya berharap.

Baca juga: Dinkes Kalsel imbau warga pakai masker waspadai ISPA

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal mengatakan, kabut asap yang tampak di Kota Pekanbaru dan sekitar beberapa hari terakhir adalah kabut asap kiriman. Pekanbaru terdampak dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

"Di Provinsi Jambi dan Sumsel masih terus terjadi kebakaran hutan dan lahan sementara arah angin mengarah ke Riau," kata M Edy Afrizal.

Dilihat dari situs resmi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika kualitas udara Kota Pekanbaru beberapa hari belakangan sempat menempati level tidak sehat dan menyentuh garis kuning. Tapi Senin ini kualitas udara mulai sedikit membaik dengan 52.3 µgram/m3.

Baca juga: Kualitas udara Palangka Raya menurun peserta didik wajib pakai masker
Baca juga: MS Glow dorong pentingnya pakai masker lindungi masyarakat dari polusi
Baca juga: Menkes imbau masyarakat pakai masker untuk cegah dampak polusi

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023