Sejak belasan tahun yang lalu, lapas dan rutan di Jatim telah memproduksi berbagai motif dan mengembangkan teknik membatik
Surabaya (ANTARA) -
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Manusia (Kanwilkumham) Jatim Heni Yuwono saat peringatan Hari Batik Nasional, Senin, menyatakan batik karya narapidana di Jawa Timur sudah dikenal dunia.
 
"Lapas dan rutan jajaran berkontribusi melestarikan dan mengembangkan batik. Sejak belasan tahun yang lalu, lapas dan rutan di Jatim telah memproduksi berbagai motif dan mengembangkan teknik membatik," tuturnya.
 
Ia mengatakan, beberapa lapas atau rutan jajarannya yang menjadikan batik sebagai produk unggulan hasil karya warga binaan.

Baca juga: Angkasa Pura I gandeng perajin lokal semarakkan Hari Batik Nasional
 
"Kami sudah mulai memberikan atensi terhadap kegiatan pembinaan kemandirian membatik sejak 2011 lalu," ujarnya.
 
Menurut Heni, ada beberapa lapas yang menjadikan batik sebagai produk unggulan hasil karya warga binaan di antaranya Lapas Bojonegoro, Lapas Madiun, Lapas Banyuwangi, Lapas Perempuan Malang, Rutan Sumenep, Rutan Trenggalek, Rutan Perempuan Surabaya hingga Rutan Kraksaan.
 
"Batik dari Rutan Sumenep pernah menjadi salah satu sponsor Putri Indonesia Pariwisata 2022, Adinda Cresheilla, pada saat mengikuti Miss Supranational 2022," kata Heni.
 
Untuk mengembangkan bakat dan minat warga binaan, batik produksi warga binaan itu dijual untuk masyarakat umum. Pihak lapas dan rutan selama ini memanfaatkan media sosial dan galeri warga binaan di masing-masing lapas atau rutan.
 
"Dari segi harga dan kualitas kami yakin bisa bersaing, mengingat tokoh masyarakat sudah banyak yang membuktikan," kata Heni.

Baca juga: Menkominfo: Istana Berbatik ajang promosi warisan budaya Indonesia
 
"Untuk motif yang diproduksi juga beragam dan terus dikembangkan dengan pendampingan dari para ahli atau pembatik profesional," katanya.
 
Mantan Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan itu mencontohkan di antaranya Ctra Batik Tulis Modern Rutan Sumenep, Batik Eco Print Lapas Perempuan Malang, Batik Shibori Rutan Trenggalek. Ada juga Batik Jumputan Rutan Perempuan Surabaya, Batik Gajah Oling Lapas Banyuwangi, Batik Ronggomukti atau Rukas Rutan Kraksaan dan Batik Tulis Lapas I Madiun.
 
"Masing-masing lapas/ rutan menggandeng ahli dari balai latihan kerja (BLK) atau pihak swasta, sesuai dengan yang ada di daerah masing-masing," ucapnya.
 
Sehingga, untuk corak yang diproduksi juga menyesuaikan dengan daerah masing-masing. Seperti karapan sapi, ayam bekisar, topeng, burung kakak tua, keris, keraton. Selain itu juga motif mayura, mangga anggur hingga yang memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun.
 
"Batik yang diproduksi Lapas Perempuan Malang memang lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah kimia sintetis, karena menggunakan flora khas Indonesia seperti kayu secang, akar daun mengkudu, daun jarak, mengkudu dan daun jati," tuturnya.

Baca juga: Bupati Rudy Gunawan berikan penghargaan kepada 56 pembatik khas Garut

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023