memfasilitasi berbagai jenis pelatihan seperti batik tulis, batik cap, batik digital, pengolahan limbah
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinas PPKUKM) DKI Jakarta membentuk Batik Betawi Hub (BaBe Hub) sebagai wadah atau sarana pengembangan batik Betawi.

"Wadah yang menghubungkan stakeholder dengan perajin maupun pemilik usaha atau UKM dengan masyarakat luas melalui kegiatan pelatihan dan workshop," kata Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Melalui sentra binaan yang dibentuk pada 2 Oktober 2022 tersebut, perajin serta pelaku usaha atau UKM akan difasilitasi dalam pelatihan membatik dan softskills.

"BaBe Hub telah memfasilitasi berbagai jenis pelatihan seperti batik tulis, batik cap, batik digital, pengolahan limbah, membatik alami, pengembangan motif dan batik di lima wilayah sentra dan terpusat," kata dia.

Lima bagian wilayah sentra tersebut, yaitu Jakarta Pusat (Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Johar Baru), Jakarta Utara (TKK Koja, Lorong 103), Jakarta Barat (PPSB), Jakarta Selatan (Rusunawa Pengadegan Timur), dan Jakarta Timur (TKK Center).

BaBe Hub juga membantu meningkatkan eksistensi dan potensi batik Betawi pada seluruh aspek, sehingga dapat diaplikasikan dalam berbagai medium, seperti jenama perusahaan/BUMD, fesyen, serta produk kriya. Sementara itu, dari sisi penelitian, BaBe Hub melakukan inventarisasi data pengrajin serta pengembangan berbagai objek, ornamen, dan motif sebagai wujud pengembangan dari batik Betawi.

Melalui wadah ini, Dinas PKPUKM berharap masyarakat, utamanya kawula muda, tak hanya mengetahui keberadaan batik Betawi, tetapi juga dapat melestarikan dan membuat batik tersebut diminati oleh seluruh generasi.

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023, BaBe Hub turut menyemarakkan perayaan tersebut melalui Event Semarak Batik Betawi yang akan digelar pada 6-8 Oktober 2023 di Fashion Atrium dan Mosaic Walk Kota Kasablanka.

Acara tersebut menggelar berbagai kompetisi, di antaranya kompetisi desain motif batik, fotografi tema batik, memposting foto berbusana batik lewat Outfit of The Day (OOTD) di media sosial.

Selain itu, digelar juga peragaan busana, pameran dengan menampilkan 26 perajin Batik Betawi dan Nusantara, talkshow, dan business clinic.
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023