“Untuk itu, seluruh Satgas dan unsur terkait lainnya yang berada di wilayah tugas teritorial Kodam IX/Udayana harus lebih siap untuk melakukan pengamanan, saya berharap semoga sesuai dengan rencana dan tidak ada perubahan waktu dan obyek yang sudah k
Denpasar (ANTARA) - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi memimpin Tactical Floor Game (TFG) untuk meningkatkan kesiapan satuannya dalam rangka menghadapi kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum yang akan digelar di Nusa Dua, Bali.

Pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) dilaksanakan di Aula Supardi, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Senin.

Pangdam Udayana menyatakan TFG tersebut bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan KTT AIS.

Selain itu, TFG juga dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Subsatgas, mengetahui peran dan fungsinya untuk menyukseskan serta mendukung kelancaran KTT AIS.

Mengawali kegiatan TFG tingkat Kodam, Asops Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono memaparkan tentang konsep operasi dalam kegiatan KTT AIS Tahun 2023 termasuk juga pelaksanaan TFG tingkat Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) yang akan dilaksanakan nanti pada tanggal 7 Oktober 2023 bertempat di GOR Yudomo Kepaon, Denpasar.

Selanjutnya, masing-masing Subsatgas memaparkan dan melaksanakan olah yudha dengan harapan peralatan yang akan digunakan berfungsi dengan baik dan personel mengerti akan tugas dan tanggung jawab serta memahami siapa dan berbuat apa dalam Pengamanan KTT AIS.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi dan Dansatgas Pamwil dan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono itu dikuti secara langsung oleh Dansatgas Evakuasi Danrem 163/WSA Kolonel Inf. Muchlis Latif, Asintel Kasdam IX/Udyana, Asops Kasdam IX/Udy dan Aslog Kasdam IX/Udy, seluruh Komandan Sub Satgas, Karoops Polda Bali Kombes Pol. Soelistijono, Kalaksa BPBD Provinsi Bali Made Rentin, Kepala BMKG Denpasar Cahyo Nugroho, Managing Director The Nusa Bali, GM BNDCC, GM BIC sedangkan secara video conference dihadiri oleh Kasrem 162/WB, Pasi Intel Kodim 1615/Lombok Timur.

Pangdam IX/Udayana mengatakan kegiatan itu merupakan tahap lanjutan persiapan pengamanan dari Satgas pengamanan wilayah dan Satgas evakuasi KTT AIS yang akan dilaksanakan di Bali tanggal 10 sampai 11 Oktober 2023 serta untuk mengukur sejauh mana kesiapan dalam rencana yang sudah disusun dalam kegiatan KTT AIS.

“Untuk itu, seluruh Satgas dan unsur terkait lainnya yang berada di wilayah tugas teritorial Kodam IX/Udayana harus lebih siap untuk melakukan pengamanan, saya berharap semoga sesuai dengan rencana dan tidak ada perubahan waktu dan obyek yang sudah kita siapkan," ujar Pangdam.

KTT Forum Negara-Negara Kepulauan dan Pulau (AIS Forum) yang diselenggarakan di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada 11 Oktober 2023 akan dihadiri tujuh kepala negara/pemerintahan negara anggota.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023