Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Indonesia memiliki target untuk menciptakan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.
 
"Kita ingin memberikan insentif tapi dihubungkan dengan kualitas yaitu lama tinggalnya dari wisatawan di suatu daerah dan juga dari segi berapa banyak mereka berbelanja pada ekonomi kita," kata Sandi dalam sebuah sesi diskusi yang dipantau secara daring di Jakarta pada Senin.
 
Dia menyampaikan hal tersebut saat menanggapi kebijakan pemerintah Thailand yang memberlakukan bebas visa bagi wisatawan asal China mulai 25 September 2023 hingga akhir Februari 2024 dan pemberlakuan pajak turis asing di Bali sebesar 10 dolar AS atau Rp150 ribu yang berlaku tahun depan.
 
Sandi menjelaskan selama ini wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia tidak begitu mempermasalahkan soal biaya karena mereka cenderung berasal dari segmen wisatawan menengah ke atas.
 
"Selama ini karakter daripada wisatawan yang datang tidak terlalu mempersoalkan dari segi biaya untuk mendapatkan visa karena mereka memang dari target dan segmen yang cenderung menengah ke atas," ujarnya.
 
Sandi menerangkan pajak untuk turis asing yang berlibur di Bali akan dimanfaatkan untuk pelestarian budaya dan pengelolaan lingkungan terutama yang berkaitan dengan pengolahan sampah.
 
Sementara terkait dengan kebijakan bebas visa bagi wisatawan China di Thailand, Sandi mengatakan Indonesia tidak akan menerapkan kebijakan serupa guna mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.
 
Dia menuturkan pihaknya akan melakukan promosi wisata dan insentif yang dapat memberikan dampak bagi ekonomi pariwisata Indonesia dan lama tinggal dari wisatawan.
 
"Harapan kita wisatawan dari China ini mulai meningkat tapi dari segi segmennya adalah segmen yang tinggalnya lebih lama dan belanjanya lebih banyak atau disebut sebagai quality tourist," ujar Sandi.

Baca juga: Menparekraf: Penguatan SDM mampu wujudkan pariwisata berkualitas
Baca juga: MPR: Pembangunan pariwisata berkualitas perlu perhatian semua pihak
Baca juga: Menparekraf minta BBTF bangkitkan pariwisata berkualitas berkelanjutan
Baca juga: Pariwisata Bali kedepankan tradisi budaya berkualitas dan bermartabat

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023