Washington (ANTARA News) - Departemen Keuangan AS pada Jumat mengumumkan bahwa mereka telah mencabut sanksi terhadap Bank Islam Elaf (EIB) di Irak menyusul perubahan perilaku bank tersebut.

Elaf, lembaga keuangan milik swasta Irak, telah dijatuhi sanksi oleh Departemen Keuangan pada 31 Juli 2012, karena secara sadar terlibat dalam bisnis dengan Bank Pembangunan Ekspor Iran (EDBI), Departemen Keuangan mengatakan dalam sebuah pernyataan, lapor Xinhua.

Setelah dikenai sanksi, Elaf mulai membekukan rekening EDBI dan mengurangi eksposur secara keseluruhan ke sektor keuangan Iran, menurut pernyataan itu.

"Hari ini kita menyambut Bank Islam Elaf kembali ke dalam sistem keuangan AS, dan kami mendesak individu dan entitas lain di seluruh dunia yang ditunjuk untuk mengikuti contoh positif," kata Wakil Menlu untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan, David Cohen dalam pernyataannya.

Cohen berjanji untuk terus menargetkan lembaga keuangan yang bekerja dengan bank-bank Iran yang ditunjuk atau berupaya untuk membantu Iran dalam menghindari sanksi. (A026/A011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013