Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia mengaku tidak khawatir dengan Jorge Martin (Prima Pramac) yang berpeluang untuk menggeser posisinya dari puncak klasemen sementara serta mengklaim titel juara dunia musim ini.

Hal itu menyusul Martin yang kini hanya terpaut tiga poin saja dari Bagnaia, dengan pembalap Italia masih memimpin di posisi teratas klasemen sementara musim ini dengan mengoleksi 319 poin.

"Sekarang, dengan tiga poin antara saya dan Jorge, ini menjadi menarik, saya pun menyukainya karena menurut saya ini bisa menjadi persaingan yang bagus di antara kami," ungkap Bagnaia, dikutip dari keterangan resmi Ducati Corse, Selasa.

Adapun Bagnaia tidak bisa mematahkan dominasi sempurna Martin di MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, akhir pekan lalu. Martin dengan mantap merebut posisi pole, menjuarai balapan Sprint, serta keluar sebagai yang tercepat di balapan utama.

Pada balapan utama, Bagnaia berada tepat di belakangnya dengan selisih waktu tipis 1,413 detik saja. Pembalap yang akrab disapa Pecco itu pun mengakui balapan di Jepang sangat menantang dan berisiko, menyusul hujan yang mengguyur lintasan seharian.

"Balapan yang bagus tapi sangat berisiko... Sebelum interupsi (balapan, karena cuaca buruk), saya menutup jarak kepada Jorge, tapi kemudian saya membuat beberapa kesalahan dan hampir kehilangan posisi terdepan, dan saya kembali ke gap yang sama seperti sebelumnya," kata dia.

Baca juga: Martin persempit jarak dengan Bagnaia dalam klasemen MotoGP 2023

"Bagaimanapun, kami harus senang dengan hasil ini. Kami tahu betul betapa berisikonya balapan di street circuit dengan kondisi basah seperti ini, dan finis kedua adalah hasil yang bagus," ujarnya menambahkan.

Melengkapi tiga besar MotoGP Jepang, ada Marc Marquez (Repsol Honda) yang terpaut 2,013 detik, dan mengamankan podium pertamanya musim ini sejak menempati posisi kedua di MotoGP Australia pada 2021. Ini juga merupakan podium yang ke-140 dalam kariernya dan yang ke-101 di kelas premier.

Sementara itu, putaran selanjutnya untuk MotoGP musim ini akan bergulir di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 13-15 Oktober.

Baca juga: Marquez makin percaya diri setelah raih podium MotoGP Jepang
Baca juga: Pelabuhan Lembar tingkatkan fasilitas dan infrastruktur dukung MotoGP

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023