Jakarta (ANTARA) - Atlet senam artistik Rifda Irfanaluthfi berhasil mencetak sejarah baru untuk olahraga Senam Indonesia dengan mendapatkan tempat di Olimpiade Paris 2024.

Menurut informasi dari olympics.com, Senin, realokasi negara tuan rumah membuat Rifda Irfanaluthfi mendapatkan tempat di Olimpiade Paris 2024 seusai tampil di World Artistic Gymnastics Championships 2023, Antwerp, Belgia.

Atas keberhasilannya itu, Rifda pun mencetak sejarah sebagai Pesenam Indonesia pertama yang akan tampil di olimpiade.

Komite Olimpiade Nasional memiliki kewenangan eksklusif untuk mewakili negaranya masing-masing di Olimpiade; Partisipasi atlet di Olimpiade Paris bergantung pada NOC yang memilih mereka untuk mewakili delegasinya di Paris 2024.

Selain Rifda, ada 14 pesenam dunia lainnya yang mengamankan kuota individu. Mereka adalah Kaylia Nemour (Aljazair), Pauline Schäfer (Jerman), Alexa Moreno (Meksiko), Filipa Martins (Portugal), Aleah Finnegan (Filipina), Lili Czifra (Hungaria), Alba Petisco (Spanyol), Anna Lashchevksa (Ukraina), Lena Bickel (Swiss), Hillary Heron (Panama), Caitlin Rooskrantz (Afrika Selatan), Sona Artamonova (Ceko), Lihie Raz (Israel) and Lucija Hribar (Slovenia).

Sebelumnya, Rifda diketahui mengejar tiket prakualifikasi Olimpiade XXXIII/2024 di Paris, Prancis, dengan mengikuti Kejuaraan Dunia Senam atau World Artistic Gymnastics Championships 2022 di Liverpool, Inggris, 29 Oktober-6 November.

Dengan lolosnya Rifda ke Olimpiade Paris 2024, akhirnya atlet berusia 23 tahun itu pun berhasil mewujudkan mimpi besarnya.

Keberhasilan Rifda itu juga mendapatkan ucapan selamat dari rekan pesenam asal Indonesia lainnya yakni Ammera Rahmajanni Hariadi. Melalui akun Instagramnya @ameeraaraa, dia mengungkapkan rasa bangga atas lolosnya Rifda ke Olimpiade Paris 2024.

"Penantian sekian lama. Akhirnya setelah kerja keras yang dilakukan kamu berhasil kak. Sangat bangga, pencetak sejarah," tulis Ammera.


Baca juga: Rifda ke Belanda dalam persiapan Kejuaraan Dunia Senam 2023 di Belgia
Baca juga: Rifda ke Kejuaraan Dunia Senam 2023 seusai tampil ciamik di Singapura
Baca juga: Rifda bersaing di Piala Dunia Senam guna kumpulkan poin Olimpiade 2024


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023