Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan bahwa Prabowo secara resmi telah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai bakal Cawapresnya di Pilpres 2024 mendatang.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo merupakan bakal Capres yang diusung dari PDIP, PSI, Hanura, dan PPP. Pengumuman Ganjar capres PDIP itu disampaikan oleh Ketua umum PDIP Megawati Sukarnoputri di Istana Batutulis, Bogor.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“PRABOWO RESMI TETAPKAN GANJAR !! ANIES-PALOH DAN PENGUSUNGNYA KERINGAT DINGIN KARNA INI...”

Namun, benarkah Prabowo resmi tetapkan Ganjar Pranowo sebagai Cawapres-nya di Pilpres 2024 pada awal Oktober 2023? 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Prabowo resmi menetapkan Ganjar sebagai cawapresnya di Pilpres 2024. Faktanya, unggahan video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak terdapat informasi mengenai Prabowo menetapkan Ganjar menjadi cawapresnya. 

Dalam video tersebut, narator membacakan artikel JPNN yang berjudul “Elektabilitas Ganjar Moncer di Jatim Setelah Deklarasi AMIN, Prabowo Turun”. Artikel tersebut menjelaskan hasil survei terbaru Politika Research and Consulting (PRC) pasca-deklarasi AMIN (Anies Baswedan-Cak Imin) di Jawa Timur menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di posisi teratas.

Selain itu, pada Rapat Kerja Nasional IV PDIP di Jakarta, Ahad (1/10) menyebut PDIP dan para partai pendukung selalu memperjuangkan calon presiden Ganjar Pranowo untuk pemenangan Pilpres 2024. Ia pun menegaskan bahwa Ganjar Pranowo tidak mungkin dijadikan sebagai calon wakil presiden, dilansir dari ANTARA.

Klaim: Prabowo resmi tetapkan Ganjar Pranowo sebagai Cawapres-nya pada awal Oktober 2023

Rating: Hoaks

Cek fakta: Disinformasi! Jokowi-Megawati sepakat usung Ganjar-Prabowo pada September 2023

Cek fakta: Hoaks! Prabowo gagal nyapres, MK kabulkan batas usia capres 70 tahun pada 20 Agustus

Baca juga: Gerindra hormati sikap PDIP soal peluang duet Prabowo-Ganjar

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023