Ini dengan kereta cepat WHOOSH kita sangat gembira sekali, dari Jakarta ke Bandung tidak terasa hanya 27 menit kita sudah sampai Bandung, dan hari ini kita mau balik lagi dari Bandung ke Jakarta
Jakarta (ANTARA) -
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perjalanan menggunakan kereta cepat WHOOSH dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya begitu menyenangkan dan juga tidak begitu terasa karena dalam 27 menit sudah sampai.

"Ini dengan kereta cepat WHOOSH kita sangat gembira sekali, dari Jakarta ke Bandung tidak terasa hanya 27 menit kita sudah sampai Bandung, dan hari ini kita mau balik lagi dari Bandung ke Jakarta," kata Iriana saat menggunakan kereta cepat WHOOSH dari Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa.

Sebagaimana dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Iriana Jokowi bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) kembali ke Jakarta pada Selasa sore, dari Bandung.

Tidak hanya Ibu Negara, para anggota OASE KIM yang ikut serta dalam perjalanan tersebut turut merasakan hal yang menyenangkan. Salah satunya Nanny Hadi Tjahjanto, istri dari Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjhajanto, yang menyebut pemandangan yang dilihat dari kereta cepat WHOOSH dalam perjalanan sangat menarik.

"Naiknya sejuk, tidak terasa. Panorama di jalan juga cantik ya Bu," kata Nanny.

Iriana Jokowi pun berharap kehadiran kereta cepat WHOOSH dapat mempersingkat waktu masyarakat untuk menuju ke Bandung. Selain itu, kereta cepat WHOOSH juga dinilai dapat mengurangi kemacetan.

"Apalagi yang kerja Jakarta-Bandung, Bandung-Jakarta, dengan otomatis mengurangi waktu, lancar semuanya," kata Iriana.

Kereta cepat WHOOSH telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (2/10) sebagai layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

WHOOSH merupakan singkatan dari "Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat" yang merepresentasikan kereta cepat Jakarta-Bandung.

WHOOSH memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/jam yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat, dengan Halim di Jakarta Timur.

Dengan headway 20-30 menit, WHOOSH menyediakan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh dalam waktu 36 hingga 44 menit.

Presiden Jokowi mengatakan kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH menandai modernisasi transportasi massal di Tanah Air.

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, yang ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun terintegrasi dengan TOD, transit oritented development," kata Jokowi saat peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH, Senin (2/10).

Pemerintah menggratiskan tarif transportasi Kereta Cepat WHOOSH hingga pertengahan Oktober 2023.

Baca juga: Iriana Jokowi dan OASE KIM jajal Kereta Cepat WHOOSH
Baca juga: Pakar: KCJB bukan ancaman keberlangsunan moda transportasi publik
Baca juga: Presiden: Tarif KCJB berkisar Rp250.000 hingga Rp350.000

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023