Palu (ANTARA News) - Sedikitnya sudah empat negara yang telah mendaftarkan atlet terbaik mereka untuk ikut berlaga pada Kejuaraan "Indonesia Open" Paralayang yang dijadwalkan berlangsung di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada 30 Mei sampai 06 Juni 2013.

Ketua Pengda Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Cabang Paralayang Sulteng FX Murdianto, di Palu, Minggu mengatakan sampai saat ini sudah tercatat sekitar 30 atlet, termasuk dari empat negara yang dipastikan mengikuti kejuaraan itu.

Keempat negara yang telah menyatakan mengirim atlet adalah Malaysia, Singapura, Nepal dan Korea.

Kemungkinan besar peserta masih akan bertambah lagi karena waktu pelaksanaan kegiatan tersebut masih sekitar dua minggu lagi.

Sekretaris Pantia, Asgaf mengatakan rencana pantia kerjuaraan ini akan memperlombakanua nomor yaitu cross country, dan ketepatan mendarat.

Lokasi tempat pelaksanaan untuk take off di Desa Wayu, Kecamatan Kinovaro. Sementara untuk tempat pendataran belum ditetapkan karena masih dalam survei oleh tim dari Federasi Aero Sport Internasional (FAI).

Menurut dia, ada lokasi untuk tempat pendataran atlet yakni di Desa Porame, dan Balange, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. "Kedua lokasi itu masih dalam survei tim FAI," katanya.

Khusus untuk lokasi leanding dibutuhkan areal seluas 50x100 meter. Sedangkan lokasi tempat take off sudah pasti di Desa Wayu. Luas lokasi sekitar 1.200 meter persegi bisa menampung 10 parasut sekali terbang.

Pada kejuaraan ini, Pengda FASI Paralayang Sulteng telah menyiapkan sejumlah atlet terbaik yang sudah berpengalaman.

(BK03)

Pewarta: Anas Masa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013