Kami datang kemari untuk mengecek dan melakukan persiapan karena pada 1 November 2023 nanti...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan desain terminal Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memadukan unsur kearifan lokal, modern, dan ramah lingkungan.

Menhub bersama arsitek meninjau lokasi yang akan dibangun Bandara VVIP di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa.

Arsitek yang turut terlibat dalam desain pembangunan Bandara VVIP IKN, yaitu Yori Antar, Adi Purnomo (Mamo), dan Reza Wahjudi (Bobos).

"Kami datang kemari untuk mengecek dan melakukan persiapan karena pada 1 November 2023 nanti, ditargetkan akan dilakukan groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Bandara VVIP IKN," ucap Menhub melalui keterangan yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Menteri PUPR: Pembangunan Bandara VVIP IKN bergulir awal November

Ia menjelaskan kehadirannya di IKN bersama arsitek juga untuk mengobservasi dan memastikan pembangunan yang dilakukan sesuai dengan konsep besar IKN, yaitu berorientasi pada alam dan ramah lingkungan.

"Kami minta para arsitek melakukan pekerjaan berorientasi pada alam. Jadi, meski kami bangun bandara di IKN tetapi tetap menjaga alam sekitar terkonservasi dengan baik. Kami pertahankan hutan yang ada dan tidak banyak pohon yang ditebang," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, arsitek Yori Antar menjelaskan arsitektur dari Terminal Bandara VVIP IKN akan menonjolkan budaya Kalimantan tetapi tetap modern.

"Jadi, tradisi dan budaya yang ada di sini sejak masa lalu akan kami bawa ke masa kini dan masa depan," katanya.

Kemudian, arsitek Adi Purnomo (Mamo) mengungkapkan bahwa selaras dengan visi misi IKN yang berorientasi alam, bangunan terminal akan dibangun se-natural mungkin mengadaptasi alam sekitar.

"Prinsip green building akan diterapkan di sini. Bangunan terminal menyerupai rumah panjang khas Kalimantan dengan atap yang terbuka sehingga angin dan cahaya bisa masuk ke dalam. Ini akan lebih hemat energi dibandingkan terminal pada umumnya," ujarnya.

Baca juga: Menteri PPN: Pembangunan IKN tempatkan RI di posisi strategis global

Dalam tinjauannya itu, Menhub bersama arsitek juga mengunjungi lokasi yang akan dibangun pelabuhan pendukung IKN.

Menhub mengatakan pembangunan pelabuhan wisata tersebut diharapkan akan menunjang sektor pariwisata di sekitar IKN.

"Dengan pariwisata yang baik,  akan ada kesempatan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan keamanan juga lebih terjaga," ujar Menhub.

Lokasi bakal pelabuhan itu memiliki pemandangan yang indah dan alami dikelilingi tanaman mangrove. Seperti bandara VVIP, konsep desain dari pembangunan pelabuhan wisata akan berorientasi alam dan ramah lingkungan. Pelabuhan tersebut ditargetkan mulai dibangun pada November 2023.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023