Kurangi aktivitas di panas terik luar ruangan
Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta meminta warga untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan ketika kondisi cuaca panas terik guna terhindar dari sengatan panas (heat stroke).
 
"Kurangi aktivitas di panas terik luar ruangan. Jika melakukan aktivitas, sebaiknya menggunakan tabir surya," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati kepada ANTARA, di Jakarta, Selasa.

Ketika beraktivitas di luar ruangan, lanjut dia, disarankan untuk memakai baju yang nyaman dan pelindung kepala berupa topi yang lebar ataupun payung.

Untuk mencegah dehidrasi akibat cuaca panas, Ani menyarankan untuk menjaga jumlah asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Suhu panas Jabodetabek akibat pergerakan matahari ke utara

"Minum air yang cukup, dua sampai tiga liter per hari. Jangan menunggu haus baru minum, terutama jika beraktivitas di luar ruangan," katanya.

Ani juga menekankan pentingnya jenis cairan yang masuk ke dalam tubuh.

"Air putih adalah yang terbaik. Minuman manis dan teh atau kopi dapat memicu buang air kecil (BAK) lebih banyak," ujar dia.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah daerah di Indonesia, suhu maksimum harian berkisar 35 sampai 36,7 derajat celsius dari Senin sampai Selasa, 3 Oktober 2023, pagi.

Baca juga: Enam langkah menjaga tubuh saat cuaca panas di Jakarta

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer dari BRIN Eddy Hermawan menjelaskan suhu udara yang menyengat dipengaruhi oleh fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) yang diprakirakan mencapai puncak pada Oktober 2023.

El Nino adalah fenomena pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normalnya di Samudra Pasifik bagian tengah.

Ia mengatakan El Nino 3.4 sudah bergerak mendekati wilayah Indonesia dan kondisi itu menyebabkan peningkatan suhu di atas rata-rata.

Ia menjelaskan pula bahwa wilayah Indonesia membentang dari 6 derajat Lintang Utara sampai 11 derajat Lintang Selatan dan mayoritas berada di belahan bumi selatan sehingga kondisinya menjadi lebih panas ketika ada pergerakan semu matahari ke bagian bumi selatan.

Baca juga: Kurir sepeda kebanjiran order, meski cuaca panas landa Jakarta

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023