Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) terus mengukuhkan kolaborasinya dengan universitas-universitas terkemuka di Australia, untuk menjajaki potensi kerja sama yang lebih lanjut dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, penelitian, dan pendidikan.

"Kunjungan ini juga merupakan bagian dari upaya UI mewujudkan visi sebagai pusat unggulan riset dan pendidikan tinggi di tingkat internasional, serta untuk memperluas akses mahasiswa dan staf akademik UI ke berbagai peluang internasional yang lebih luas," kata Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, dalam keterangannya, Selasa.

Prof. Haris menyatakan kunjungan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat jejaring global Universitas Indonesia.

"Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan mitra-mitra kami di Australia dalam rangka menciptakan inovasi, memajukan ilmu pengetahuan, dan memberikan pengalaman pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa," kata Prof. Haris.

Dalam kunjungan tersebut Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris didampingi oleh Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Heri Hermansyah, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. dr. Nia Ayu Ismaniati Suria, MDSc, Sp.Ort(K), dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Arief Wibisono Lubis, mengunjungi beberapa mitra universitas di Australia.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi UI mengadakan pertemuan bersama pimpinan beberapa universitas bergengsi seperti Monash University, Tasmania University, dan The University of Melbourne.

Prof. Abdul Haris bersama tim berdiskusi tentang berbagai inisiatif untuk memperluas kolaborasi yang diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi kedua belah pihak.

Baca juga: UI kembali buka Program Pre-University

Topik-topik utama pembicaraan mencakup pertukaran mahasiswa dan peneliti, penelitian bersama, program gelar ganda, dan pengembangan kurikulum bersama.

Tim dari UI juga berdiskusi dengan perwakilan lembaga konsultasi dan pemeringkatan pendidikan tinggi global Times Higher Education (THE) di Regional Australia dan Asia Pasifik.

Diskusi yang sangat informatif dan konstruktif ini membahas berbagai aspek penilaian universitas, serta menyampaikan upaya dan strategi UI untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di tingkat internasional.


Baca juga: UI berkolaborasi internasional dengan Universitas Tasmania
Baca juga: Guru Besar FEB UI: Kondisi ekonomi di tahun politik lebih kondusif

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023