London (ANTARA) - Segelintir anggota Partai Republik di DPR AS untuk pertama kalinya berhasil melengserkan pemimpin mereka, Kevin McCarthy, pada Selasa waktu setempat.

Meski masih belum jelas mengenai siapa yang akan menggantikan McCarthy, tetapi di bawah ini adalah beberapa orang yang mungkin menjadi penggantinya:

STEVE SCALISE

Anggota DPR Matt Gaetz, legislator yang mempelopori penggulingan  McCarthy, menyatakan akan mendukung Steve Scalise untuk mengisi jabatan itu.

Scalise adalah orang nomor dua di kalangan wakil rakyat asal Partai Republik dan sejak lama dijagokan mengetuai fraksi Partai Republik dalam majelis rendah AS tersebut setelah masa jabatan McCarthy berakhir.

TOM EMMER

Legislator Tom Emmer adalah whip DPR dari Partai Republik dan pernah memimpin tim kampanye Partai Republik di DPR saat pemilu sela 2022, ketika Partai Republik merebut kembali mayoritas DPR dari Partai Demokrat.

Baca juga: Apa langkah selanjutnya setelah Ketua DPR AS dicopot?

JIM JORDAN

Legislator Jim Jordan, yang juga ketua Komisi Kehakiman DPR dan sekutu mantan Presiden Donald Trump, dicalonkan oleh beberapa legislator Republiken pemberontak, untuk menjadi ketua DPR pada pemilihan kursi kursi parlemen Januari silam. Dia mendapatkan dukungan 20 suara dalam pemungutan suara putaran pertama.

BYRON DONALDS

Legislator garis keras Byron Donalds, yang dianggap bintang baru dalam Partai Republik, memperoleh  20 suara dalam salah satu putaran pemungutan suara pemilihan ketua DPR pada Januari.

PATRICK MCHENRY

Legislator  Patrick McHenry ditunjuk sebagai penjabat sementara ketua DPR setelah McCarthy dilengserkan. Selain sebagai Ketua Komisi Keuangan DPR, McHenry adalah sekutu McCarthy yang menyampaikan suara dukungan kepada McCarthy sebelum pemungutan suara untuk pelengseran McCarthy.

DONALD TRUMP

Biasanya DPR memilih salah satu legislator aktif sebagai ketua DPR, namun Konstitusi AS tidak menegaskan bahwa jabatan tersebut harus diserahkan kepada anggota DPR aktif.

Baca juga: Pertama kali terjadi di AS, ketua DPR dilengserkan anggotanya

Sejumlah tokoh Republiken yang menjadi sekutu mantan Presiden Donald Trump  menyarankan agar Trump mengisi jabatan itu,  meskipun calon presiden terkuat dari Partai Republik untuk Pemilu 2024 itu sebelumnya menyatakan tidak tertarik pada jabatan itu.

Gaetz memilih Trump untuk menjadi ketua DPR dalam beberapa putaran pemungutan suara ketua DPR pada Januari. Senin lalu dia berkata kepada wartawan bahwa ketua DPR tidak mesti dari anggota Kongres.

Legislator Andy Ogles menggelar jajak pendapat  kepada pengikutnya dalam platform media sosial X pada Selasa untuk menanyakan siapa yang harus menjadi ketua DPR. Ogles memasukkan Trump sebagai salah satu yang dicalonkan.

HAKEEM JEFFRIES

Ketua Kubu Minoritas DPR Hakeem Jeffries adalah pemimpin Partai Demokrat dan memperoleh suara lebih banyak ketimbang McCarthy dalam 11 putaran pemungutan suara untuk jabatan ketua DPR sebelumnya.

KEVIN MCCARTHY

Legislator Kevin McCarthy mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai ketua DPR.

Baca juga: Ketua DPR AS ajukan penyelidikan pemakzulan Presiden Biden

Sumber: Reuters

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023