Surabaya (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengajak muslim, khususnya di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, untuk meneladani sikap sehari-hari seperti dicontohkan oleh Nabi Muhammad.

"Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad Saw adalah salah satu bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah. Sebagai muslim, seharusnya kita meneladani apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad dalam kehidupan kita sehari hari," kata Airlangga saat membuka Golkar Berselawat di Alun-alun Tuban, sebagaimana keterangan yang diterima di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menjelaskan bahwa salah satu misi kenabian bagi muslim adalah menyempurnakan akhlak. Dia lalu menyitir salah satu ayat yang artinya Nabi Muhammad diutus ke muka bumi untuk menyempurnakan akhlak manusia.

Baca juga: Airlangga: Dukungan untuk Prabowo sudah diputus dan ada instruksi

Ajaran Islam sangat menekankan pentingnya perilaku yang baik kepada sesama dan rahmatan lil alamin.

"Kita telah dianugerahi oleh Allah Swt bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, dengan berbagai suku dan agama. Perbedaan tidak boleh terpecah belah. Justru, perbedaan itu menjadikan bangsa Indonesia kuat dan saling melengkapi satu sama lain," jelasnya.

Airlangga mengingatkan bahwa empat bulan lagi bangsa Indonesia akan menghadapi Pemilu Serentak 2024 untuk memilih presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPRD, dan DPD. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, katanya, masyarakat seharusnya menggunakan hak pilih mereka.

"Pemilu bukan untuk memecah belah. Perbedaan politik itu hal biasa. Justru, pemilu harus membawa kegembiraan, kebahagiaan, serta mengedepankan politik yang santun, ide dan gagasan untuk menyejahterakan rakyat. Bukan malah sebaliknya, mengedepankan politik identitas dan menebar kebencian. Rasul telah mencontohkan empat kriteria mencari pemimpin yakni sidiq, amanah, fathonah, dan tablig," katanya.

Baca juga: Airlangga beri kepastian pembangunan rumah masyarakat di Pulau Rempang

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur M. Sarmuji berharap kegiatan Golkar Berselawat mendapat berkah dari Nabi Muhammad dan syafaat dari nabi di hari kiamat. Partai Golkar, katanya, peduli dengan kegiatan masyarakat, termasuk kegiatan keagamaan seperti berselawat.

Di tahun 2022, Golkar Berselawat berlangsung di Kabupaten Gresik dengan mengundang Gus Azmi. Di tahun 2023 kali ini, Golkar Berselawat menggandeng Pemkab Tuban dengan menghadirkan Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah.

"Kami berterima kasih kepada Pak Bupati Tuban, Mas Aditya Halindra Farizki, yang masih jomblo, bersedia menjadi tuan rumah Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw; dan ternyata mendapat sambutan luar biasa di masyarakat Tuban," ujar Sarmuji.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi Golkar Berselawat sekaligus peringatan Maulid Nabi dengan mendoakan warga Tuban sehat dan sejahtera semua.

Baca juga: Menko Airlangga sebut 399 Pemda telah masuk kategori Digital

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023