Manfaat vitamin A di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare
Tangerang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten Dini Anggraeni menyebutkan sebanyak 85.089 balita menjadi sasaran program pemberian vitamin A gratis yang dilaksanakan di seluruh posyandu di daerah tersebut.

"Vitamin A yang diberikan terdiri dari dua jenis kapsul berbeda sesuai dengan usia. Ini kita laksanakan selama bulan Oktober. Kita imbau kepada orang tua untuk bisa membawa balitanya ke posyandu. Ini gratis," ujarnya di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Kepala BKKBN ingatkan ibu hamil rajin periksa kadar vitamin D

Menurut dia, untuk usia 6-11 bulan diberikan kapsul warna biru dengan target sasaran 6.728 balita. Sedangkan umur 12-59 bulan dengan kapsul warna merah dengan target sasaran 78.361 balita.

Ia menjelaskan, manfaat vitamin A di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.

Kemudian mendukung pertumbuhan dan perkembangan balita, dan berperan penting dalam fungsi penglihatan. “Jika anak kekurangan vitamin A, anak akan rentan terserang penyakit infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare,” tegasnya.

Baca juga: Ingat tiga pilar perawatan kulit ini ala dermatolog 

Pentingnya pemberian vitamin A untuk anak-anak adalah karena kandungan retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada para orang tua agar segera membawa balitanya ke posyandu terdekat, agar mendapatkan layanan pemberian vitamin A secara gratis pada bulan Oktober ini. Tak hanya itu, tetap berikan gizi seimbang bagi keluarga dan pastikan selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Baca juga: Dermatolog: Perawatan kulit lebih efektif malam hari

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023