Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengapresiasi peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menyoal peringatan HUT Ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023.

“Menyampaikan ucapan selamat HUT TNI kepada seluruh perwira, purnawirawan, dan prajurit TNI, dan mengapresiasi TNI yang selama ini telah berperan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara,” kata Bamsoet dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Bamsoet lantas mengingatkan kepada seluruh anggota TNI agar senantiasa menjaga kedaulatan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam setiap langkah yang dilakukan

“Serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari berbagai ancaman dan gangguan,” ujarnya.

Dia meminta TNI terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiapsiagaan dalam mengemban berbagai tugas dengan memegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Termasuk, lanjut dia, menjaga kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Bamsoet juga meminta TNI untuk selalu berkontribusi bagi bangsa dan negara melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP), dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti membantu masyarakat yang sedang menghadapi bencana alam.

Terakhir, dia meminta TNI turut bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait lainnya dalam rangka membangun dan membawa Indonesia menjadi negara maju serta aman dari berbagai ancaman yang berpotensi merusak ketahanan bangsa.

Diketahui, TNI menyiapkan ragam atraksi dan pertunjukan termasuk di antaranya parade alutsista dan pasukan untuk acara puncak peringatan HUT Ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada 5 Oktober 2023. Setidaknya ada 4.630 prajurit TNI dan 130 alutsista dari tiga matra yang terlibat dalam Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI.

Baca juga: Anggota DPR ingatkan HUT Ke-78 TNI momentum jaga netralitas pemilu

Baca juga: Menimbang Angkatan Perang Siber TNI

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023