kalau saya menjadi direktur tidak bahagia ... ngapain saya menjadi direktur
Jakarta (ANTARA News) - Direktur SDM dan Umum Perum LKBN Antara, Naufal Mahfudz, Senin pagi, mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 31 Jakarta Timur dengan memberikan motivasi kepada siswa agar mereka terpacu untuk berprestasi.

"Teman alumni SMAN 31 seangkatan saya sudah ada yang menjadi pemimpin di perusahaan nasional maupun mutinasional," kata Naufal Mahfudz saat memberikan materi di SMAN 31, Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Naufal memberikan pengertian kesuksesan kepada para siswa berdasarkan pengalaman pribadinya.

"Sukses menurut saya adalah gabungan dari semua itu atau pilihan dari semua itu (berprestasi, sehat, terkenal, kaya, mempunyai jabatan tinggi dan lain-lain), kemudian bagaimana kita memaknai ukuran itu dalam hidup kita supaya kita bahagia dan membahagiakan orang lain. Misalnya, kalau saya menjadi direktur tidak bahagia ... ngapain saya menjadi direktur," ujar dia.

Kiat sukses, lanjutnya, yang pertama harus dilakukan adalah berdoa. Dalam keseharian kehidupan manusia misalnya pekerjaan seringkali menyebutkan kata-kata "semoga maupun mudah-mudahan".

"Itu adalah kata-kata yang seringkali kita ucapkan. Karena sudah ikhtiar dan tinggal berdoa," kata dia.

Kiat kedua, menurut dia, bercita-cita, yaitu visi, misalnya ketika anda sekarang berada di kelas XI , tuliskan saja keinginan untuk lima tahun maupun sepuluh tahun ke depan.

"Anda misalnya ingin kuliah di UI, dan setelah di perguruan tinggi, tulis anda mau kerja di mana. Pengalaman saya, yang ditulis itu pencapaian bisa lebih cepat," kata dia.

Ia melanjutkan untuk kiat ketiga, yaitu bekerja keras atau determinasi. Artinya ketika melakukan sesuatu jangan memikirkan kegagalan.

"Karena kalau anda berpikir gagal maka anda sudah gagal, jadi jangan remehkan pikiran kita. Keempat yaitu kerjasama karena dalam hidup ini kita tidak bisa sendirian. Kelima, berhijrah atau bertransformasi, yaitu pindahlah ke hal lain yang lebih menantang," kata dia.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013