Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta (Perseroda) mengembangkan kawasan Stasiun Fatmawati Indomaret, Cilandak, Jakarta Selatan, berorientasi transit untuk ruang sosial bagi komunitas.

"Mengusung tema 'Ruang Atas yang Dinamis', kawasan akan dikembangkan hingga radius 700 meter dari stasiun," kata Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta Farchad Mahfud kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Farchad menuturkan pengembangan kawasan ini berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 56 Tahun 2020 tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Fatmawati.

Nantinya kurang lebih 57,6 hektare (ha) di kawasan ini menjelma menjadi area campuran yang meningkatkan pengembangan area produktif, nilai investasi dan ekonomi lebih tinggi daripada bangunan fungsi tunggal.

Kawasan ini juga akan menyediakan taman, ruang terbuka dan revitalisasi area pejalan kaki yang akan memberikan identitas baru menjadi ruang bagi komunitas untuk beraktivitas sosial.

Baca juga: Jumlah penumpang MRT Bundaran HI-Lebak Bulus capai 105 juta orang
Baca juga: DPRD DKI sambut baik Parlemen Hanoi pelajari pembangunan MRT Jakarta


Sirkulasi jalur pejalan kaki akan meningkat seiring terintegrasinya destinasi lokal dan stasiun transit yang diharapkan akan mendorong mobilitas masyarakat lebih aman dan nyaman.

Selain melakukan kajian, diskusi hingga pertukaran data hasil studi pengembangan, pihaknya juga akan menjajaki kemungkinan pembangunan interkoneksi antara Ventura Building dan Stasiun Fatmawati Indomaret.

“Tentu saja kita berharap kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak secara korporasi, namun hasilnya akan bermanfaat bagi baik pengguna jasa MRT Jakarta, maupun masyarakat umum,” katanya.

PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Aryaventura Realty menandatangani nota kesepahaman terkait Penjajakan Potensi Kerja Sama untuk Pengembangan Lahan pada Kawasan Berorientasi Transit.

Rencananya, nota kesepahaman ini berlangsung hingga satu tahun ke depan.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dan Direktur Utama PT Aryaventura Realty, Budiman di Auditorium Lantai 6 Gedung Transport Hub MRT Jakarta di Dukuh Atas pada Jumat (22/9).

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023