ASDP kembali melayani penyeberangan angkutan barang di rute alternatif penghubung logistik Pulau Jawa dan Kalimantan
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan KMP Ferrindo V mulai Selasa (3/10), untuk pelayaran jarak jauh (Long Distance Ferry) dengan lintasan Patimban - Pontianak dan Patimban - Banjarmasin guna memperkuat jaringan logistik antara Pulau Jawa dan Kalimantan.

“Dengan resminya KMP Ferrindo V yang kembali berlayar hari ini, ASDP kembali melayani penyeberangan angkutan barang di rute alternatif penghubung logistik Pulau Jawa dan Kalimantan," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan kehadiran layanan LDF lintas Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin akan mengurangi kemacetan dan beban jalan akibat volume kendaraan yang besar serta dimensi dan volume muatan kendaraan yang menyalahi ketentuan di antara dua wilayah tersebut.

"Dengan demikian, kami juga turut mengurangi tingkat polusi udara dari emisi gas buang angkutan jalan. Selain itu, layanan lintas LDF juga akan mendorong pertumbuhan sektor lainnya seperti industri dan perdagangan, sehingga memberikan dampak berantai (multiplier effect), yang positif khususnya di dua titik penyeberangan, sekaligus secara nasional," ujarnya.

Shelvy berharap pengoperasian LDF lintas Patimban menuju Kalimantan dapat mendukung pembangunan daerah sekitar Patimban dan dua kota di Kalimantan dengan memunculkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru serta mendukung pembangunan nasional secara keseluruhan.

Shelvy memastikan dari aspek keselamatan dan keamanan, KMP Ferrindo V sudah memenuhi standar sebelum kembali berlayar.

“ASDP berkomitmen menghadirkan layanan prima sehingga menempatkan keselamatan dan keamanan kapal sebagai prioritas”, tegas Shelvy.

KMP Ferrindo V yang memiliki kapasitas angkut sebanyak 109 unit kendaraan kecil dan campuran ini akan melayani lintasan pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat menuju pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalimantan Barat sejauh 420 mil dengan waktu tempuh berlayar berkisar 38 jam.

Pada lintasan Patimban - Pontianak, KMP Ferrindo V dijadwalkan sebanyak tiga kali keberangkatan setiap bulannya. Di bulan ini, jadwal keberangkatan dari Patimban menuju Pontianak tersedia pada tanggal 3, 10, dan 24 Oktober 2023.

Sedangkan untuk perjalanan dari Pontianak menuju Patimban tersedia pada tanggal 5, 12, dan 26 Oktober 2023. Untuk jam keberangkatan masih bersifat situasional mengikuti pasang surut laut dan intensitas kegiatan di dermaga.

Untuk lintasan pelabuhan Patimban menuju pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, KMP Ferrindo V akan berlayar sejauh 444 mil dengan estimasi waktu tempuh berlayar dua jam lebih lama dibandingkan tujuan Pontianak yakni 40 jam.

Kapal dengan panjang keseluruhan mencapai 91,74 meter tersebut dijadwalkan sebanyak satu kali keberangkatan setiap bulannya di lintasan Patimban - Banjarmasin.

Pada bulan ini, jadwal keberangkatan dari Patimban menuju Banjarmasin tersedia pada 17 Oktober 2023. Sedangkan untuk perjalanan dari Banjarmasin menuju Patimban tersedia pada 19 Oktober 2023. Jam keberangkatan juga bersifat situasional mengikuti pasang surut laut dan intensitas kegiatan di dermaga.


Baca juga: ASDP ajak investor strategis kembangkan Bakauheni Harbour City
Baca juga: PT ASDP melayani penyeberangan perintis untuk hubungkan wilayah 3T

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023