ajang seperti ini penting untuk mengasah dan meningkatkan kompetensi
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menggelar kegiatan Regional Airport Security Scale Up Competition (RASCO) 2023, ajang kompetisi untuk menguji kompetensi personel airport security dari 15 bandara yang dikelola AP I.

"Ajang RASCO 2023 digelar untuk menguji kemampuan dan kompetensi dari personel airport security dari 15 kantor cabang bandara yang dikelola AP1. Personel airport security memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam aspek keamanan dan pengamanan bandara," kata Direktur Operasi AP I MMA Indah Preastuty dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (4/10) malam.

"Sehingga ajang seperti ini penting untuk mengasah dan meningkatkan kompetensi, sekaligus merupakan sarana refreshment bagi personel terkait pengetahuan tentang aspek keamanan bandara," lanjut Indah.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini trafik pergerakan penumpang, pesawat udara, dan kargo di 15 bandara AP I terus menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan dan bahkan sudah semakin menuju ke trafik pada masa sebelum pandemi.

"Selain itu, saat ini berbagai event berskala nasional dan internasional yang melibatkan bandara AP I juga sudah banyak digelar sehingga menuntut kinerja personel airport security yang prima. Dalam kaitannya dengan kedua hal tersebut, ajang RASCO menjadi sarana yang cukup penting," ujar Indah.

Adapun RASCO 2023 bertujuan menguji kompetensi, pengetahuan, dan pemahaman personel airport security mengenai regulasi skala nasional dan internasional terkait keamanan penerbangan dan keamanan bandara

RASCO 2023 dilaksanakan dalam tiga tahapan, tahapan pertama ialah play-off stage yang dilaksanakan pada Rabu (4/10) secara daring. Dalam tahapan itu, 15 tim yang diawaki tiga personel airport security diadu kemampuannya dengan delapan tim dinyatakan lolos ke tahapan kedua, yakni semifinal.

Tahapan semifinal akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2023 dan akan digelar secara daring untuk menentukan tiga tim yang berhak untuk lanjut ke tahapan ketiga.

Sedangkan tahapan ketiga merupakan final stage yang akan dilaksanakan secara langsung pada 19 Oktober 2023, berlokasi di Gedung Center for Excellence (CFE) AP I di Jakarta.

Dalam pelaksanaannya, RASCO 2023 melibatkan dewan juri eksternal yang berasal dari Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan dan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug dan dewan juri internal dari airport security group AP I.

Selain menghadirkan dewan juri eksternal dari komunitas aviasi nasional, RASCO 2023 juga menghadirkan panelis dari komunitas aviasi internasional, yaitu First Secretary (Transport) CISC Australian Embassy Julie Lewis dan Manager Security and Facilitation Airport Council Internasional (ACI) Asia Pacific Gary Leung.

"Kami berharap ajang semacam RASCO yang digelar setiap dua tahun sekali ini dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan kapasitas dan kompetensi personel airport security di bandara kami serta dapat memenuhi harapan stakeholder melalui pengelolaan sumber daya manusia yang unggul," ucap Indah.


Baca juga: AP II menampilkan fasilitas baru dan modern di ajang pameran Hub Space
Baca juga: AP I kerja sama dengan IATA tingkatkan standar pelayanan bandara

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023