Prediksi kenaikan 7 persen tersebut dengan melihat perkembangan mobilitas penumpang yang terus naik, hari ini saja terjadi kenaikan sekitar dua persen
Makassar (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Maros, Sulsel, memprediksi jumlah penumpang pada musim mudik Lebaran 2024 sekitar 532.132 penumpang atau meningkat sekitar 7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat 494.883 penumpang.

"Prediksi kenaikan 7 persen tersebut dengan melihat perkembangan mobilitas penumpang yang terus naik, hari ini saja terjadi kenaikan sekitar dua persen," kata
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Taochid Purnomo Hadi di sela pembukaan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2024 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Maros, Rabu.

Untuk mengantisipasi pergerakan penumpang tersebut, lanjut dia, pihaknya telah membuka posko yang terletak di area lobi keberangkatan dan akan beroperasi selama 16 hari mulai Rabu ini hingga 18 April 2023.

Dia mengatakan posko tersebut akan membantu memberikan informasi dan layanan yang dibutuhkan penumpang sesuai dengan arahan Kementerian Perhubungan melalui Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : IR 1 DJPU Tahun 2024.

Baca juga: Kendaraan roda dua gunakan kartu elektronik di Bandara Hasanuddin

Baca juga: Bandara Hasanuddin segera terapkan pembayaran parkir non tunai


Sementara mengenai puncak arus mudik, Taochid memprediksi terjadi pada 7 April 2023 dan puncak arus balik diprediksi pada 18 April 2022.

"Untuk puncak arus mudik pada H-3 jumlah penumpang diprediksi berjumlah 35.000 – 38.000 penumpang," kata Taochid.

Dengan mengedepankan moto 3S+1C (Safety, Security, Service dan Compliance), melalui posko lebaran 2024, lanjut dia, pihak Bandara Sultan Hasanuddin akan berupaya untuk menjaga ketertiban, keselamatan, kenyamanan dan pelayanan bagi pengguna jasa bandara.

Untuk pengamanan di kawasan bandara, terdapat 592 petugas bandara dan BKO yang dikerahkan pihak manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Inspeksi rutin akan dilakukan pada saat puncak arus mudik yakni pada H-3 atau 7 April 2024.

Baca juga: Jumlah penumpang mudik Natal 2023 Bandara Hasanuddin naik 3,5 persen 

Baca juga: Bandara Hasanuddin layani operasi penerbangan kargo ke Hongkong

Posko terpadu ini juga melibatkan Otoritas Bandara, Airnav, TNI, Kepolisian, Maskapai dan lain-lain yang akan mendukung kelancaran operasional di bandara.
General Manager PT AP I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Taochid Purnomo Hadi bersama jajaran terkait disela pembukaan Posko Terpadu Lebaran 2024 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Rabu (3/4/2024). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024